Home   Blog  
Kiat

  Senin, 12 Agustus 2019 09:39 WIB

Tips Menulis: Membuat Judul Situs Online

Author   Admin Blog

Foto oleh: Startup Stock Photos

Baca artikel ini untuk mengetahui tips membuat judul situs online yang mengundang banyak klik!

Judul adalah salah satu komponen penting dalam sebuah tulisan, khususnya tulisan di situs online. Mengapa? Karena, judul lah yang bisa menjadi pertimbangan seseorang untuk meng-klik sebuah tulisan. Seperti yang kita ketahui, media online sudah menjadi konsumsi sehari-hari masyarakat Indonesia, khususnya para “pembosan”. Pembosan adalah istilah untuk orang-orang yang malas membaca dan hanya ingin membaca tulisan yang mereka inginkan. Sebuah riset menunjukkan bahwa 70 persen pembaca media online umumnya hanya membaca sebuah situs maksimal 15 menit.

Oleh karena itu, judul memiliki peranan penting agar seseorang meng-klik situs online Anda. Judul harus dibuat semenarik mungkin agar para pembosan tersebut memlih tulisan Anda untuk dibaca. Kali ini, Tempo Institute akan memberikan tips membuat judul situs online.

Tips Membuat Judul Situs Online!

 

  1. Menarik

Judul untuk situs online harus dibuat semenarik mungkin. Dengan begitu, pembaca akan merasa penasaran dan membaca tulisan tersebut. Tetapi, jangan sampai unsur menarik tersebut merusak keakuratan judulnya. Istilah menarik memang sangat luas dan umum. Salah satu contoh yang bisa diambil adalah dengan menggunakan kata-kata yang sedang trending atau kata ajakan.

  1. Singkat

Pembaca akan cenderung malas dan bosan jika melihat judul tulisan yang sangat panjang. Judul panjang akan memiliki kesan bertele-tele. Alangkah baiknya jika judul ditulis secara ringkas. Jumlah kata yang ideal untuk sebuah judul di situs online adalah delapan. Sebisa mungkin jangan melebihi jumlah tersebut agar tulisan Anda terlihat proporsional.

  1. Lugas

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, jangan sampai judul memiliki kesan bertele-tele. Tetapi, jangan sampai juga judul dibuat terlalu singkat hingga tidak berfungsi sebagai pemberi informasi. Judul sebaiknya dibuat to the pointatau langsung ke intinya. Kata-kata yang digunakan cukup dengan kata-kata yang yang diperlukan, tidak perlu berlebihan.

  1. Mudah Ditebak

Sesuai dengan fungsinya, judul dibuat untuk membantu pembaca menebak isi tulisannya. Jika judul dapat membantu pembaca untuk menebak isi tulisannya, berarti judul telah bekerja secara efektif sesuai dengan fungsinya. Hal tersebut pun berlaku di situs online. Hal tersebut perlu dilakukan agar pembaca bisa mengetahui topik apa yang akan dibicarakan dalam tulisan tersebut.

  1. Meringkas Isi

Judul yang baik adalah judul yang secara tidak langsung bisa meringkas isi dari tulisannya. Tetapi ingat, tidak berarti benar-benar meringkas yang memerlukan banyak kata. Cukup meringkas dengan beberapa kata yang bisa mewakiliki isi dari keseluruhan tulisan.

 

Baca juga kiat menulis lainnya dari Tempo Institute: Kiat-kiat Menulis dari Tempo Institute.

Tertarik belajar menulis lebih dalam? Anda dapat mengasah kemampuan menulis di #KelasTanpaBatas, kelas online dari Tempo Institute. Atau ikut belajar langsung di ruang redaksi Tempo. Informasi lengkapnya klik di sini: Program

 

(Fatimah Mardiyah)

Baca juga : Badan Siber dan Sandi Negara Akan Gandeng BIN, TNI, Polri

Bagikan
WordPress Video Lightbox Plugin