Home   Blog  
Kiat

  Jumat, 09 Agustus 2019 10:00 WIB

Manfaat Membaca Fiksi, Bisakah Anda Merasakannya?

Author   Admin Blog

Foto oleh: Viktor Talashuk

Membaca cerita fiksi seperti novel atau cerpen ternyata tak hanya sekadar hiburan. Selain mampu mengasah daya imajinasi Anda, ternyata manfaat membaca fiksi sangatlah beragam. Berikut adalah beberapa manfaat membaca fiksi yang menarik untuk diketahui.

5 manfaat membaca fiksi yang perlu Anda ketahui!

 

  1. Memperbaiki Hubungan

Secara tidak langsung, membaca fiksi bisa membantu memperbaiki hubungan Anda, baik itu hubungan asmara, pertemanan, maupun yang lainnya. Caranya adalah coba memahami watak dan perasaan masing-masing orang.

Jika sering membaca fiksi, Anda bisa memposisikan diri di sudut pandang berbagai tokoh yang memiliki beragam watak atau karakter. Dengan begitu, Anda bisa memahami beragam watak berdasarkan tokoh-tokoh tersebut. Hal tersebut bisa Anda manfaatkan di dunia nyata. Karena setiap orang memiliki beragam macam watak, Anda harus bisa mengerti karakter dan perasaan mereka agar hubungan bisa berjalan dengan baik. Karena sudah sering membaca fiksi, Anda akan terbiasa dengan hal tersebut dan bisa dengan mudah memposisikan diri.

  1. Membantu Hadapi Perubahan

Semua hal pasti berubah, baik itu lingkungan, cara hidup, keadaan diri, ataupun lainnya. Perubahan-perubahan tersebut tidak bisa diprediksi kapan terjadinya, tetapi Anda harus bisa siap untuk beradaptasi.

Bacaan fiksi bisa membantu Anda dalam menghadapi sebuah perubahan. Seperti yang Anda ketahui, fiksi berasal dari imajinasi sehingga cerita dari setiap fiksi bisa jauh berbeda satu sama lainnya. Jika sering membaca fiksi, secara tidak langsung Anda mengenal beragam macam kehidupan setiap karakter dari fiksi-fiksi yang sudah dibaca. Dengan begitu, jika Anda mengalami suatu keadaan yang baru atau asing, setidaknya ada acuan atau pengetahuan yang bisa diterapkan, yaitu berdasarkan kisah-kisah bacaan fiksi.

  1. Mengurangi Stres

Salah satu manfaat membaca fiksi yang tidak perlu diragukan lagi adalah mengurangi stres. Membaca fiksi bisa membuat anda lebih santai dan tenang. Membaca fiksi bisa mengurangi pikiran-pikiran yang membebani Anda. Dengan membaca fiksi, Anda akan ikut terbawa alur cerita yang unik, imajinatif, dan menyenangkan. Hal tersebut jelas bisa membantu mengurangi stres yang sedang Anda rasakan. Manfaat ini pun sudah dibuktikan oleh beberapa penelitian.

  1. Mendorong Rasa Empati

Rasa empati terkadang memang dibutuhkan dalam beberapa situasi dan ternyata membaca fiksi bisa mendorong rasa empati Anda. Pada saat membaca fiksi, emosi Anda pasti bergejolak mengikuti alur yang ada, mulai dari senang, sedih, hingga kesal, contohnya adalah menangis. Tidak jarang orang yang menangis karena membaca fiksi. Hal tersebut bisa terjadi karena ia merasakan kesedihan yag sedang dialami oleh karakter dalam bacaan tersebut. Dengan begitu, jika sering membaca beragam macam fiksi, rasa empati dapat dengan mudah Anda miliki.

  1. Membantu Perbanyak Kosa Kata

Manfaat membaca fiksi yang satu ini juga tidak perlu diragukan lagi. Semakin sering Anda membaca, semakin banyak kosa kata baru yang dimiliki. Hal tersebut bisa terjadi karena otak bekerja secara pintar dan memproses setiap kosa kata yang Anda temui dan baca. Dengan mengetahui beragam macam kosa kata, beberapa aktivitas yang Anda lakukan akan terasa lebih mudah, seperti saat berkomunikasi, menulis, dan lain-lain.

 

Baca juga kiat menulis lainnya dari Tempo Institute: Kiat-kiat Menulis dari Tempo Institute.

Anda ingin menekuni bidang jurnalistik, komunikasi dan media? Yuk! ikuti pelatihan-pelatihan jurnalistik yang diselenggarakan oleh Tempo Institute.

 

(Fatimah Mardiyah)

Baca juga : Badan Siber dan Sandi Negara Akan Gandeng BIN, TNI, Polri

Bagikan
WordPress Video Lightbox Plugin