Home   Blog  
Kiat

  Thursday, 31 October 2019 11:10 WIB

Cara Menulis Berita Straight News, Pilih Cepat atau Akurat?

Author   Admin Blog

Foto oleh: Kaboompics.com

Memilih cara menulis berita straigh news atau bukan ditentukan oleh jenis berita yang akan dibuat. Jika Anda menulis berita yang aktual, tulislah dalam bentuk straight news atau biasa disebut dengan hard news. Berita jenis ini ditulis secara singkat, lugas, langsung, dan apa adanya. Dibuat seperti itu agar pembaca dapat memahaminya dengan cepat dan mudah. Hal tersebut dilakukan karena straight news berisi berita aktual yang sifatnya perlu segera diketahui pembaca. Penulisan jenis berita yang satu ini juga dianggap sebagai keahlian dasar seorang wartawan karena isinya yang singkat, tanpa perlu bermain kata.

Dengan hadirnya media online, persaingan berita semakin meningkat, khususnya straight news. Karena adanya persaingan tersebut, muncullah beberapa tuntutan dalam cara menulis berita straight news. Tiga tuntutan utama dari straight news adalah kecepatan, kelengkapan, dan akurasi. Berikut adalah penjelasan dari masing-masing poin di atas.

Tiga tuntutan utama dalam membuat straight news

 

  1. Kecepatan

Tentunya, jika ingin bersaing, kecepatan menjadi hal yang diprioritaskan. “Siapa cepat, dia dapat” adalah peribahasa yang bisa mewakili tuntutan yang satu ini. Setiap media berlomba-lomba untuk menghadirkan berita aktual yang mereka miliki secepat mungkin. Jika kalah cepat dengan media lain, berita milik Anda bisa dianggap basi dan tidak akan diperhatikan. Jika hal tersebut terjadi, Anda akan menjadi pihak yang merasa rugi.

Dengan menjaga performa sebagai media yang “cepat”, pembaca akan cenderung membaca berita-berita lainnya dari media tersebut. Jika tidak konsisiten dengan kecepatannya, pembaca tidak bisa bergantung dengan media tersebut. Oleh karena itu, kecepatan menjadi unsur penting dalam bersaing dengan media-media.

  1. Kelengkapan

Untuk straight news, komponen minimal yang harus ada adalah 5W+1H, yaitu what, who, when, where, why, dan how. Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, straight news bersifat singkat. Dengan begitu, penulisan straight news tidak perlu bertele-tele. Hanya gagasan-gagasan penting yang perlu dimasukkan ke dalam berita tersebut. Tetapi, jangan karena mementingkan isi yang singkat, berita tersebut kekurangan informasi-informasi yang perlu diketahui oleh pembaca.

  1. Akurasi

Seperti berita-berita pada umumnya, akurasi menjadi poin penting yang harus diperhatikan. Jika tidak akurat, berita tersebut tidak layak untuk disebarkan ke masyarakat untuk dibaca karena mereka memiliki hak untuk mendapat informasi yang akurat. Terlebih lagi untuk berita aktual yang berisi informasi-informasi penting. Jika tidak akurat, hal tersebut bisa fatal bagi beberapa pihak yang bersangkutan.

 

Tetapi, sebenarnya, ketiga tuntutan tersebut sulit untuk dipenuhi sekaligus karena sifatnya yang bertolak belakang. Jika mengutamakan kecepatan, kelengkapan dan akurasi terkadang dikorbankan. Karena, sulit untuk mendapatkan informasi yang lengkap dan akurat secara cepat. Jika ingin akurat dan lengkap, wartawan memerlukan waktu untuk mencarinya. Tetapi, setiap pihak harus tetap berusaha memberikan berita yang memiliki kualitas tinggi.

Tulisan ini diadaptasi dari Buku Jurnalistik Dasar: Resep dari Dapur Tempo.

Tertarik belajar cara menulis berita straight news lebih dalam? Anda dapat mengasah kemampuan menulis di #KelasTanpaBatas, kelas online dari Tempo Institute. Atau ikut belajar langsung di ruang redaksi Tempo dalam pelatihan reguler Tempo Institute. Instansi Anda juga bisa mengundang kami untuk melakukan pelatihan griyaan di kantor Anda.

 

Penulis: Fatimah Mardiyah
Editor: Fadhli Sofyan

 

Baca juga : Badan Siber dan Sandi Negara Akan Gandeng BIN, TNI, Polri

Bagikan
WordPress Video Lightbox Plugin