Home   Blog  
Kiat

  Senin, 08 Juli 2019 09:18 WIB

Suka Menulis? Coba Pertimbangkan 8 Profesi Menulis Ini!

Author   Admin Blog

foto oleh: Ylanite Koppens

Ingin tahu apa saja profesi menulis yang ada di dunia ini? Yuk simak artikel ini

Menulis tidak hanya dapat dijadikan sebagai hobi atau sesuatu yang kamu kuasai, tetapi juga dapat dijadikan sebagai profesi yang pastinya menghasilkan banyak uang. Sangat menyenangkan pastinya jika kita melakukan kerjaan yang kita sukai dan sekaligus menghasilkan uang. Bagi kamu yang memiliki hobi menulis, ada banyak pekerjaan lho yang membutuhkan keterampilan menulis.

Berikut adalah beberapa profesi menulis yang cocok bagi kamu yang suka menulis:

 

  1. Jurnalis

Jurnalis adalah salah satu profesi yang membutuhkan keterampilan menulis tinggi. Walaupun tidak semua jurnalis adalah penulis artikel, semua jurnalis perlu memiliki keterampilan menulis karena jurnalis memegang tanggung jawab yang sangat besar. Oleh karena itu, menulis adalah hal yang sangat penting dalam profesi jurnalis. Jika kamu tertarik dengan profesi jurnalis, coba terus menggali kemampuan menulismu agar semakin baik ke depannya.

  1. Copywriter

Copywriter bukanlah profesi yang mudah. Selain kreatifitas, keterampilan menulis juga harus dimiliki oleh seorang copywriter. Pemilihan kata tidak boleh salah agar tujuan pemasaran dapat tercapai. Profesi ini sangat cocok bagi kamu yang suka menulis dan kreatif.

  1. Editor

Aturan ejaan yang benar adalah salah satu hal yang harus dikuasasi oleh seoran editor. Editor memegang peranan besar karena editorlah yang memastikan ejaan dalam sebuah tulisan sudah benar. Editor diperlukan dalam penulisan novel, artikel, dan tulisan-tulisan lain. Jika kamu adalah orang teliti yang suka menulis, coba saja profesi ini.

  1. Novelis

Kemampuan menulis seorang novelis tidak perlu ditanya lagi. Seorang novelis harus bisa menciptakan alur yang baik sehingga tulisan-tulisan yang ada dapat menyentuh hati dan perasaan  oleh para pembaca. Hal tersebut dapat terjadi karena seorang novelis mampu menulis dengan sangat baik. Jika novelis adalah profesi impianmu, banyak-banyaklah berlatih menulis cerita dari sekarang.

  1. Translator

Menjadi seorang translatoratau penerjemah tidaklah mudah. Kamu harus bisa mengganti bahasanya, tetapi tetap menciptakan alur dan kesan yang sama seperti tulisan semulanya. Profesi ini sangat cocok bagi kamu tertarik dengan menulis dan menguasai bahasa negara lain.

  1. Penulis Naskah

Tidak seperti novelis, penulis naskah membuat naskah atau scenario untuk dialog film. Penulisan dan penyampaian tulisannya pun berbeda sehingga memerlukan keterampilan lebih. Jika kamu tertarik dengan produksi film dan ingin menjadi penulis naskah, profesi ini sangat cocok untuk kamu.

  1. Content Writer

Sama seperti namanya, profesi ini membutuhkan keterampilan seorang writer atau penulis. Bidang content writer pun bermacam-macam, mulai dari halaman website hingga artikel.

  1. Blogger

Blogger mungkin istilah yang sering kamu dengar karena sejak tingkat SD atau SMP kamu sudah bisa mengisi blog dengan tulisanmu. Kamu bisa menulis apapun di blog, seperti pengalaman, pengetahuan, dan hal-hal menarik lainnya. Jika konten blog kamu sangat menarik, pemasangan iklan bisa menguntungkan karena kamu akan mendapat uang dari iklan tersebut.

 

Kamu ingin menekuni bidang jurnalistik, komunikasi dan media? Yuk! ikuti pelatihan-pelatihan jurnalistik yang diselenggarakan oleh Tempo Institute.

Penulis: Fatimah Mardiyah

Baca juga : Badan Siber dan Sandi Negara Akan Gandeng BIN, TNI, Polri

Bagikan
WordPress Video Lightbox Plugin