Home   Blog    Pelatihan  Dapur Tempo
Griyaan

  Senin, 20 Mei 2019 13:03 WIB

Tak Hanya Pelatihan Menulis untuk Media

Author   Fadhli Sofyan

Qaris Tajudin dan peserta pelatihan menulis untuk media

Selama bulan April Tempo Institute tak hanya melakukan pelatihan untuk media. Pelatihan Griyaan dan Pelatihan di Dapur Tempo memiliki bermacam-macam menu yang diikuti beragam latar belakang peserta.

Pelatihan Griyaan

Empat orang wartawan senior Tempo berbagi resep jurnalistik dapur Tempo ke Palangkaraya. Mereka adalah pengajar dari Tempo Institute yang akan menggelar kegiatan penyegaran jurnalistik bersama Palangka Post di Palangkaraya, Kalimantan Tengah. Kegiatan pelatihan menulis untuk media yang dilakukan pada Jumat-Minggu, 26-28 April 2019 ini diikuti oleh enam belas orang jurnalis Palangka Post dan empat orang jurnalis BorneoNews.

Selama tiga hari Tempo Institute mendampingi peserta mengevaluasi produksi berita. Menurut Elik Susanto tidak semua berita dalam surat kabar dibaca. ”Surat kabar yang dibuat semalam suntuk ternyata cuma dibaca beberapa menit,” kata redaktur eksekutif Tempo.co itu.

Pelatihan Griyaan di bulan April tak hanya pelatihan menulis untuk media. Pada waktu yang bersamaan, Tempo Institute bersama Indonesia International Education Foundation (IIEF) juga mengadakan pelatihan menulis policy brief di Hotel Harris Sentul. Kegiatan ini diikuti oleh 20 peserta dari berbagai organisasi dampingan IIEF.

Pelatihan di Dapur Tempo

Selain itu, Tempo Institute juga mengadakan pelatihan membuat infografik pada 9-11 April. Pelatihan membuat infografis diikuti oleh 25 peserta yang berlatar belakang kementerian, dinas pemerintahan, perusahaan komunikasi, profesional, hingga media. Di hari yang lain, rangkaian pelatihan menulis fiksi bersama Leila S Chudori yang berakhir pada 18 April 2019. Pelatihan menulis fiksi yang berisi lima kali pertemuan ini diakhiri dengan pembahasan pekerjaan rumah. Para peserta telah menghasilkan cerpen karya sendiri, yang kemudian dinilai oleh Leila S Chudori. Masih di bulan yang sama, ada juga pelatihan manajemen media internal pada 22-25 April. Ketiga kelas tersebut dilaksanakan di Gedung Tempo Palmerah, Jakarta Selatan, dan diikuti oleh peserta dari berbagai institusi.

Tempo Institute menggelar beragam pelatihan menulis, mulai dari kepenulisan jurnalistik, membuat siaran pers, menulis laporan efektifmenulis policy brief, hingga storytelling untuk digital marketingPelatihan infografik dan fotografi juga rutin kami lakukan dan terbuka untuk umum. Anda dapat melihat jadwal pelatihan reguler di halaman pelatihan di Dapur Tempo.

Selain itu, kami juga bisa menyelanggarakan pelatihan inhouse atau Griyaan. Pelatihan Griyaan adalah solusi untuk instansi Anda yang ingin mengadakan pelatihan sesuai kebutuhan. Hubungi sinta@tempo-institute.org atau marketing@tempo-institute.org, atau lewat whatsapp Tempo Institute.

Baca juga: Kiat-kiat Menulis dari Tempo Institute.

 

Baca juga : Badan Siber dan Sandi Negara Akan Gandeng BIN, TNI, Polri

Bagikan
WordPress Video Lightbox Plugin