Home   Blog    Komunitas
Agenda

  Kamis, 29 Agustus 2019 12:58 WIB

Pinneng Berbagi Ilmu di Kelas Fotografi Bawah Air

Author   Fadhli Sofyan

Pinneng Penyelam dan Fotografer Bawah Air Indonesia

Pinneng, fotografer bawah air profesional akan berbagi jurus memotret keindahan laut, di Travel Addict Festival 2019 di Gedung Tempo Jalan Palmerah Barat 8 Jakarta. Pinneng akan berbicara di Kelas Fotografi Bawah Air, salah satu MasterClass di Travel Addict Festival 2019.

Travel Addict Festival adalah festival dari Tempo Institute yang ditujukan untuk para penikmat perjalanan. Festival ini akan digelar di Ruang dan Tempo, Gedung Tempo lantai 8, Jalan Palmerah Barat 8, Jakarta pada Sabtu, 7 September 2019.

Pinneng akan membagikan teknik dasar memotret bawah air, cara memilih dan menentukan lensa, dan tips memotret bawah air. Selain pengetahuan teknis fotografi dalam air, di Kelas Fotografi Bawah Air Pinneng juga akan membocorkan jalur untuk menjadi seorang fotografer bawah air profesional. “Dari dulu saya selalu punya passion untuk ngajak sebanyak mungkin orang terjun ke profesi ini,” ucap Pinneng saat dihubungi Tempo melalui pesan singkat WhatsApp.

Pinneng juga menceritakan kegelisahannya soal laut Indonesia. Dia mengatakan kita (Indonesia) punya lautnya, tapi tidak banyak yang terjun ke dunia fotografi bawah air, terutama menjadi profesional.  “Keindahan laut Indonesia lebih banyak didokumentasikan oleh warga negara asing dibandingkan orang Indonesia,” tambahnya.

Pinneng telah beberapa kali mendapatkan penghargaan selama menjadi fotografer bawah air profesional. Salah satunya sebagai Grand Prize Winner di kontes foto Scuba Diving Magazine, Amerika Serikat, pada tahun 2008. Ia juga sudah menerbitkan beberapa buku, buku pertamanya berjudul “Our Underwater Indonesia” berkolaborasi dengan banyak fotografer laut lain dengan dukungan Presiden ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono. Sekarang Pinneng sedang menyiapkan buku berjudul “Art of The Ocean” bersama Nadine Chandrawinata. “Ini buku paling seru, karena lengkap dengan cerita dari awal perjalanan saya,” tutup Pinneng.

Di Travel Addict akan ada kelas menulis, fotografi, dan sketsa. Selain itu, para pejalan yang datang juga bisa berjejaring dengan sesama komunitas pejalan di acara diskusi serta pameran foto. Travel Addict adalah festival perjalanan yang didedikasikan untuk para pecinta perjalanan, liburan, dan petualangan. Festival ini digelar dalam rangka membantu siapapun yang gemar membagikan pengalaman perjalanannya, baik dalam bentuk cerita, foto, video, atau gambar. Di sini para pejalan bisa menambah pengetahuan dan jejaring pertemanan.

Peserta yang berminat mengikuti program MasterClass di Travel Addict Festival 2019 bisa mendaftarkan diri di tempo-institute.org/traveladdict. Informasi lengkap bisa didapatkan di website Tempo Institute atau menghubungi Vany di 0812-8815-1738 / info@tempo-institute.org.

Baca juga : Badan Siber dan Sandi Negara Akan Gandeng BIN, TNI, Polri

Bagikan
WordPress Video Lightbox Plugin