Home   Blog  
Pelatihan

  Wednesday, 07 August 2019 16:51 WIB

Pemenang Lomba Menulis Cerpen

Author   Fadhli Sofyan

Leila S. Chudori mengajar pelatihan Menulis fiksi di Tempo Institute, 19 April 2019

Tempo Institute dan Pringadi Abdi Surya telah menentukan pemenang lomba cerpen berhadiah satu buah tiket Pelatihan Menulis Fiksi Bersama Leila S. Chudori. Juara I yang mendapatkan hadiah Kelas Menulis Tempo Institute bersama Leila S. Chudori adalah Ifan Afiansa dengan judul Siasat Klasik Merampok Buku di Masa Depan. Di belakangnya menyusul Anastasya Natanel dengan Candala yang mendapatkan buku jurnalistik dari tempo. Juara III dengan nilai sama jatuh kepada 2 orang, yakni kepada Dinny Rahma dan Andi Ilham Badlawi.

Kepada para pemenang diharapkan dapat mengirimkan alamat lengkap dan nomor ponsel ke [email protected] Khusus untuk Ifan Afiansa, mohon konfirmasinya untuk bisa mengikuti Kelas Menulis Tempo sesuai jadwal yang ditentukan.

Leila S. Chudori adalah penulis novel berjudul Pulang dan Laut Bercerita. Dalam novel Pulang, Leila mengambil latar tiga peristiwa bersejarah tahun 1965 di Indonesia, revolusi mahasiswa di Paris, Prancis, pada Mei 1968, serta tragedi Mei 1998 yang menandai keruntuhan rezim Orde Baru di Indonesia. Di Laut Bercerita, Leila bertutur soal kisah seorang protagonis bernama Biru Laut Wibisono yang menarasikan tragedi 1998 dari sudut pandang mahasiswa dan aktivis yang diculik saat itu.

Di pelatihan menulis fiksi ini Anda akan didampingi oleh Leila S. Chudori, wartawan TEMPO, sekaligus penulis novel “Laut Bercerita”. Anda akan belajar hal-hal yang dibutuhkan untuk menulis sebuah karya yang baik, kiat menulis cerita pendek. Teori penting dalam menulis fiksi juga akan diajarkan, yaitu teknik membuat drama tiga babak, membuat karakter, praktik langsung belajar tentang deskripsi, dan membuat intro yang menarik.

Selama pelatihan menulis fiksi Anda akan mendapatkan penugasan dan latihan langsung. Tugas-tugas tersebut akan dibahas dan diberi masukan oleh Leila S. Chudori. Anda akan mendapat 5 kali pertemuan intensif pada tanggal 29 Agustus, 05, 12, 19, dan 26 September 2019 pukul 16.00-19.00 WIB. Pelatihan berlangsung di Gedung Tempo Lantai 8, Jalan Palmerah Barat No. 8, Jakarta dan satu kali pelatihan di luar kelas (tempat bersejarah) untuk latihan eksplorasi.

Ikuti Pelatihannya: Menulis Fiksi bersama Leila S. Chudori

Baca juga : Badan Siber dan Sandi Negara Akan Gandeng BIN, TNI, Polri

Bagikan
WordPress Video Lightbox Plugin