Home   Blog  
Kiat

  Tuesday, 25 August 2020 14:28 WIB

Fungsi Media Massa Tak Sekadar Hiburan

Author   Admin Blog

Foto oleh: rawpixel.com

Setidaknya hari ini media massa masih berpengaruh besar bagi publik. Kita dapat mengetahui beragam macam hal, baik itu hal yang sangat penting atau sebatas hiburan dari media massa. Bahkan publik juga bisa dipengaruhi oleh media massa.

Ada banyak fungsi-fungsi yang dimiliki oleh media massa. Artikel ini membahas beberapa fungsi media massa yang dapat dengan mudah dirasakan oleh masyarakat.

 

Fungsi-Fungsi media massa yang dapat kita rasakan sehari-hari

 

  1. Fungsi Informasi

Fungsi informasi bisa dikatakan sebagai fungsi yang sangat umum. Informasi memiliki peranan penting dalam menambah wawasan kita. Media massa jelas memberikan banyak informasi bagi masyarakat. Informasi yang paling sering kita sadari dan temukan adalah berita. Tetapi, selain itu, film, talkshow, permainan, dan lainnya juga memberikan banyak informasi. Walaupun Anda menemukan informasi yang bersifat tidak penting, siapa tahu itu bersifat penting bagi orang lain.

  1. Fungsi Hiburan

Kita bisa menemukan banyak hiburan dari media massa, khususnya di televisi. Televisi menyediakan beragam macam program dan acara, mulai dari film, sinetron, talkshow, dan lain-lain. Walaupun terkadang dianggap sepele, hiburan dapat menjadi sarana untuk melepas rasa penat kesibukan atau rasa lelah.

  1. Fungsi Persuasi

Secara tidak sadar, banyak opini atau pandangan kita yang sebenarnya terbentuk dari produk media massa. Mengapa begitu? Karena, salah satu fungsi media massa adalah persuasi. Media massa berfungsi untuk mengarahkan opini atau pandangan kita sesuai dengan apa yang diperlihatkan. Hal tersebut membuat pandangan atau opini masyarakat dalam beberapa kasus cenderung sama. Tetapi, keputusan terhadap pandangan atau opini yang diambil tetap berada di tangan kita sendiri.

  1. Fungsi Korelasi

Media massa juga berfungsi sebagai korelasi. Selain memberi informasi, media massa juga membantu cari kemungkinan korelasi suatu peristiwa yang sedang terjadi dengan peristiwa sebelumnya. Jika korelasi ditemukan, media massa akan menjelaskan hubungan antarperistiwa tersebut. Dengan adanya fungsi tersebut, masyarakat bisa menerima informasi baru dan diajak untuk berpikir lebih kritis.

  1. Fungsi Pendidikan

Seperti yang telah disebut di atas, informasi bisa menambah wawasan kita. Oleh karena itu, media massa juga memiliki fungsi sebagai pendidikan. Media massa bisa mendidik kita dengan produk-produknya. Contohnya adalah berita. dengan mendengarkan berita setiap hari, wawasan kita akan jauh lebih luas. Secara tidak langsung, kita bisa belajar dari masalah atau peristiwa yang diberitakan. Berpikir secara kritis pun bisa dilatih.

  1. Fungsi Pengawasan

Sesuai dengan fungsinya, media massa melakukan pengawasan terhadap kejadian atau lingkungan sekitar. Dengan begitu, media massa dapat bertindak lebih cepat jika sesuatu terjadi secara dadakan. Media massa pun akan dengan cepat memberi tahu masyarakat akan kejadian tersebut agar tidak terkena dampaknya, jika ada.

  1. Fungsi Interpretasi

Dengan adanya fungsi interpretasi, media massa membantu masyarakat dengan cara menjelaskan apa yang sedang terjadi. Agar masyarakat lebih mudah memahaminya, media massa menginterpretasi peristiwa atau kejadian dan menjelaskannya. Dengan begitu, masyarakat dapat dengan cepat mengerti apa yang sedang terjadi.

 

Ingin menambah wawasan? Temukan artikel kiat-kiat menulis lainnya dari Tempo Institute!

Tertarik belajar jurnalistik, media dan komunikasi? Akses Kelas Online Tempo Institute atau ikut belajar langsung di ruang redaksi Tempo. Informasi lengkapnya klik di halaman Program.

 

(Fatimah Mardiyah)

 

 

Baca juga : Badan Siber dan Sandi Negara Akan Gandeng BIN, TNI, Polri

Bagikan
WordPress Video Lightbox Plugin