Home   Blog  
Kiat

  Rabu, 17 Juli 2019 09:00 WIB

Video Jurnalis: Jurnalis Serba Bisa

Author   Admin Blog

Foto oleh: Garry Mordor

Tahukah anda seberapa banyak tugas video jurnalis? Tidak seperti reporter ataupun kameramen yang memiliki tugas khusus tersendiri, seorang video jurnalis adalah jurnalis serba bisa. Seorang video jurnalis harus bisa rangkap menjadi produser berita, reporter, kameramen, dan juga editor untuk berita televisi. Berikut adalah penjelasan dari keempat hal yang harus dikuasai oleh seorang video jurnalis.

4 tugas video jurnalis yang perlu kamu ketahui

 

  1. Produser

Seorang video jurnalis harus bisa merencanakan hal-hal yang akan ia liput. Contohnya adalah topiknya, lokasinya, sudut pandang kamera, dan hal-hal lainnya. Seorang video jurnalis menjadi produser baik untuk segmen berita langsung atau yang sudah direkam terlebih dahulu. Sebagai produser dari sebuah konten berita, ia memiliki kontrol terhadap hal-hal terkait konsep dan teknis.

  1. Reporter

Reporter adalah profesi yang pasti sudah sering Anda dengar. Seperti pada umumnya, tugas reporter adalah mengumpulkan data dan bahan terkait suatu peristiwa/kejadian yang akan dijadikan berita. setelah semua data dan bahan terkumpul, reporter akan menyusunnya sebagai naskah. Walaupun tidak selalu dilakukan, reporter juga menyampaikan naskah yang telah ia buat di depan kamera dan di lokasi terkait peristiwa/kejadian. Hal-hal tersebut pun harus dilakukan oleh video jurnalis. Jadi, setelah merencanakan apa yang akan diakukan, ia harus mencari data dan bahan untuk dijadikan naskah yang akan disampaikannya di depan kamera.

  1. Kameramen

Selain menjadi produser dan reporter, video jurnalis juga harus berperan sebagai seorang kameramen. Pada tugas ketiga ini, beban sudah menjadi lebih berat. Video jurnalis harus menyiapkan kamera dan menempatkannya di atas tripod. Hal tersebut bukanlah hal yang mudah karena beratnya peralatan untuk mendirikan sebuah kamera. Ia juga perlu mengumpulkan video-video di sekitar lokasi untuk mengumpulkan bahan untuk berita.

  1. Editor

Tugas terakhir adalah mengedit. Setelah menyelesaikan segala hal teknis di atas, langkah terakhir adalah mengedit setiap shot yang telah diambil untuk dijadikan suatu video berita yang sempurna. Jika waktu yang dimiliki tidak banyak, terkadang seorang video jurnalis membawa laptop atau alat untuk mengedit lainnya untuk mengedit di tempat.

Tertarik belajar jurnalistik, media dan komunikasi? Akses kelas online di #KelasTanpaBatas. Atau ikuti belajar langsung di ruang redaksi Tempo. Informasi lengkapnya klik di halaman Program

 

(Fatimah Mardiyah)

Baca juga : Badan Siber dan Sandi Negara Akan Gandeng BIN, TNI, Polri

Bagikan
WordPress Video Lightbox Plugin