Home   Blog  
Kiat

  Friday, 26 July 2019 17:30 WIB

Kalimat Efektif, Kalimat yang Tepat dan Benar

Author   Admin Blog

Foto oleh: Pixabay

Kalimat adalah penyusun sebuah tulisan yang paling kecil, yang bisa mengungkapkan satu kesatuan pikiran atau perasaan. Syarat tulisan yang enak dibaca adalah menggunakan kalimat efektif. Kalimat bisa memenuhi syarat baik dan benar jika kalimatnya efektif. Jika Anda ingin membuat kalimat efektif, setidaknya ada lima syarat yang harus diterapkan.

5 syarat untuk membuat kalimat efektif!

 

  1. Singkat

Syarat pertama dari adalah kalimat harus singkat. Dalam setiap kalimat, jangan gunakan terlalu banyak kata. Hal tersebut bisa membuat pembaca bosan atau lelah untuk melihatnya. Walaupun singkat, setiap kalimat tetap harus menjadi kalimat sempurna, yaitu kalimat yang sekurang-kurangnya memiliki subjek dan predikat. Gunakanlah unsur dan kata-kata yang memang diperlukan.

  1. Padat

Maksud dari padat adalah tidak ada pengulangan kata. Jadi, dalam setiap kalimat, jangan sampai ada satu kata yang disebut lebih dari sekali. Mengulang kata sebanyak dua kali atau lebih adalah hal sia-sia yang membuat kalimat jadi tidak efektif. Pengulangan kata juga bisa membuat kalimat menjadi tidak singkat karena adanya unsur atau kata yang tidak diperlukan.

  1. Jelas

Agar bisa membuat tulisan yang teratur dan terstruktur, Anda juga perlu memperhatikan setiap kalimatnya. Setiap kalimat harus dibuat secara jelas, yaitu teratur dan terstruktur. Dengan membuat kalimat yang teratur dan terstruktur, pembaca akan lebih mudah dalam memahami tulisan Anda.

  1. Lengkap

Agar efektif, kalimat yang Anda buat harus bersifat lengkap. Kalimat tersebut harus mengandung semua unsur yang diperlukan untuk membentuk suatu kalimat. Untuk mempelajari unsur-unsur apa saja yang diperlukan dalam suatu kalimat, Anda dapat mempelajarinya dari Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI).

  1. Cermat

Kalimat yang cermat adalah kalimat yang menggunakan tanda baca dan pilihan kata yang tepat. Kedua hal tersebut harus dilakukan sesuai dengan kaidah yang berlaku. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI) dapat membantu Anda untuk mempelajari kaidah tersebut.

Tertarik belajar jurnalistik, media dan komunikasi? Akses kelas online di #KelasTanpaBatas. Atau ikuti belajar langsung di ruang redaksi Tempo. Informasi lengkapnya klik di halaman Program.

(Fatimah Mardiyah)

Baca juga : Badan Siber dan Sandi Negara Akan Gandeng BIN, TNI, Polri

Bagikan
WordPress Image Lightbox