Home   Blog  
Kiat

  Jumat, 26 Juli 2019 17:30 WIB

Kalimat Efektif, Kalimat yang Baik dan Benar

Author   Admin Blog

Foto oleh: Pixabay

Tulisan terbentuk dari kalimat-kalimat yang Anda buat. Dengan begitu, untuk menciptakan suatu tulisan yang baik, Anda tidak bisa membuat kalimat-kalimat dengan asal. Kalimat harus dibuat dengan baik dan benar agar sesuai dengan kaidahnya. Kalimat yang baik dan benar dapat diwujudkan dengan kalimat efektif. Kalimat efektif adalah kalimat yang sesuai dengan kaidah yang berlaku serta Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI). Jika Anda ingin membuat kalimat tersebut, ada lima syarat yang harus diterapkan. Berikut adalah kelima syarat dari kalimat efektif.

5 syarat untuk membuat sebuah kalimat efektif!

 

  1. Singkat

Syarat pertama dari kalimat efektif adalah kalimat harus singkat. Dalam setiap kalimat, jangan gunakan terlalu banyak kata. Hal tersebut bisa membuat pembaca bosan atau lelah untuk melihatnya. Walaupun singkat, setiap kalimat tetap harus menjadi kalimat sempurna, yaitu kalimat yang sekurang-kurangnya memiliki subjek dan predikat. Gunakanlah unsur dan kata-kata yang memang diperlukan.

  1. Padat

Maksud dari padat adalah tidak ada pengulangan kata. Jadi, dalam setiap kalimat, jangan sampai ada satu kata yang disebut lebih dari sekali. Mengulang kata sebanyak dua kali atau lebih adalah hal sia-sia yang membuat kalimat jadi tidak efektif. Pengulangan kata juga bisa membuat kalimat menjadi tidak singkat karena adanya unsur atau kata yang tidak diperlukan.

  1. Jelas

Agar bisa membuat tulisan yang teratur dan terstruktur, Anda juga perlu memperhatikan setiap kalimatnya. Setiap kalimat harus dibuat secara jelas, yaitu teratur dan terstruktur. Dengan membuat kalimat yang teratur dan terstruktur, pembaca akan lebih mudah dalam memahami tulisan Anda.

  1. Lengkap

Agar termasuk dalam kalimat yang efektif, kalimat yang Anda buat harus bersifat lengkap. Kalimat tersebut harus mengandung semua unsur yang diperlukan untuk membentuk suatu kalimat. Untuk mempelajari unsur-unsur apa saja yang diperlukan dalam suatu kalimat, Anda dapat mempelajarinya dari Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI).

  1. Cermat

Kalimat yang cermat adalah kalimat yang menggunakan tanda baca dan pilihan kata yang tepat. Kedua hal tersebut harus dilakukan sesuai dengan kaidah yang berlaku. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI) dapat membantu Anda untuk mempelajari kaidah tersebut.

Tertarik belajar jurnalistik, media dan komunikasi? Akses kelas online di #KelasTanpaBatas. Atau ikuti belajar langsung di ruang redaksi Tempo. Informasi lengkapnya klik di halaman Program.

(Fatimah Mardiyah)

Baca juga : Badan Siber dan Sandi Negara Akan Gandeng BIN, TNI, Polri

Bagikan
WordPress Video Lightbox Plugin