Home   Blog  
Kiat

  Jumat, 21 Juni 2019 19:07 WIB

Tak Pakai Kuliah, Ikuti 5 Sekolah Jurnalistik Terbaik ini

Author   Admin Blog

sekolah jurnalistik

Sekolah jurnalistik mungkin terdengar asing di telinga kamu. Kamu pasti lebih sering mendengar fakultas, jurusan, dengan peminatan jurnalistik yang terdapat di program sarjana atau vokasi di universitas. Tetapi, sudah tahu kalau ada beberapa lembaga yang mendirikan sekolah jurnalis di Indonesia.

Tidak seperti sekolah pada umumnya yang bersifat formal dan bertahun-tahun, beberapa sekolah jurnalistik ini berupa pelatihan kilat. Karena tujuan dari sekolah jurnalistik ini lebih condong untuk meningkatkan keterampilan bukan mendapatkan gelar. Kisaran lama pelatihannya beragam, ada yang tiga hari, dua minggu, hingga bulanan. Target sasarannya beragam, ada yang untuk lulusan SMA, profesional, hingga wartawan yang ingin menambah keterampilan mereka di bidang jurnalistik, komunikasi dan media.

 

Yuk! simak 5 sekolah jurnalistik yang ada di Indonesia!

 

Sekolah Jurnalisme AJI

Sekolah Jurnalisme Aliansi Jurnalis Independen (AJI) merupakan pelatihan jurnalistik yang diadakan oleh AJI. AJI mengadakan beberapa pelatihan untuk para jurnalis agar kemampuan mereka dapat berkembang dan menambahkan ilmu-ilmu baru seputar dunia jurnalistik. Sekolah Jurnalisme AJI ini pernah mengadakan beberapa pelatihan dengan beragam topik, seperti pelatihan melawan hoax, mengecek fakta, investigasi, dan lain-lain.

Baru-baru ini, AJI telah meluncurkan platform online yang bernama Jurnalismedata.id. Platform ini dapat digunakan oleh umum untuk belajar membuat produk jurnalistik yang berbasis data. Dengan membuat platform tersebut, AJI berharap agar produk jurnalistik yang dihasilkan sudah berbasis data yang benar dan akurat. Jadi, bagi kamu yang ingin memperdalam jurnalisme data, coba saja akses platform tersebut.

 

Tempo Institute

Tempo Institute merupakan suatu Lembaga dalam naungan Tempo Inti Media. Tempo Institute berfokus mengadakan pelatihan-pelatihan. Lembaga ini mengadakan pelatihan di bidang jurnalistik, komunikasi dan media. Bahasan yang menjadi topik pelatihannya pun beragam, seperti membuat infografis, opini, menulis fiksi, menulis laporan, dan lain-lain.

Tempo Institute memiliki tiga macam kelas, yaitu di Dapur Tempo, in-house, dan kelas tanpa batas yang merupakan kelas berbasis online. Siapapun yang tertarik bisa mengikuti kelas pelatihan di Tempo Institute. Jadi, jika kamu tertarik, kamu bisa langsung daftar di laman resmi Tempo Institute.

 

Sekolah Jurnalistik Indonesia (SJI)

Sekolah Jurnalistik Indonesia (SJI) didirikan oleh Lembaga Persatuan Wartawan Indonesia (PWI). PWI mengusung SJI pertama kalinya pada pada tahun 2010. Dalam programnya, SJI merujuk ke kurikulum UNESCO. Penyelenggaraan SJI dilakukan oleh banyak pihak, seperti PWI Jawa Barat, Jakarta, dan bagian daerah lainnya. PWI mengadakan sekolah jurnalistik ini dengan harapan agar wartawan Indonesia memiliki keterampilan yang cukup dalam menjalankan tugasnya.

PWI sendiri membuka SJI pertama kalinya di Palembang, pada tanggal 9 Februari 2010. Pelatihan tersebut berlangsung selama satu bulan. Pelatihan selanjutnya diadakan di Bandung dan berlangsung pada tanggal 12 November 2010. Kisaran lama pelatihan adalah satu bulan dan pelatihan berlangsung setiap harinya selama kisaran tersebut. PWI mengadakan kembali pelatihan di Bandung, pada tanggal 28 November 2016 dan berlangsung selama 10 hari. Jadi, jika kamu adalah seorang wartawan yang ingin menambah wawasan, bisa banget untuk coba ikut pelatihannya.

 

Sekolah Jurnalistik Antara

Sama seperti tipe sekolah jurnalistik di atas, Sekolah Jurnalistik Antara berbentuk pelatihan-pelatihan. Pelatihan-pelatihannya pun beragam, seperti foto jurnalistik, video jurnalistik, jurnalistik dasar, menulis feature, dan lain-lain. Lokasi pelatihannya juga beragam, ada yang di indoor dan juga di outdoor. Kisaran lama pelatihan disesuaikan dengan banyaknya materi yang diberikan, tetapi rata-rata banyak pertemuannya adalah 4-5 pertemuan.

 

Sekolah Jurnalistik Dakta

Sekolah Jurnalistik Dakta memberi kesempatan bagi kamu yang sudah lulus SMA dan tertarik untuk belajar terkait bidang jurnalistik. Kisaran lama pembelajarannya adalah selama tiga bulan. Kamu akan mendapat ilmu pengetahuan baru terkait media televisi, radio, media online, dan public speaking. Jadi, jika kamu adalah lulusan SMA tapi belum ingin terjun ke dunia perkuliahan dan sangat tertarik dengan dunia jurnalistik, mungkin Sekolah Jurnalistik Dakta adalah pilihan yang cocok untukmu.

 

Ingin meningkatkan kemampuan? Anda dapat ikut belajar jurnalistik, komunikasi, dan media di Tempo Institute.

Penulis: Fatimah Mardiyah

Baca juga : Badan Siber dan Sandi Negara Akan Gandeng BIN, TNI, Polri

Bagikan
WordPress Video Lightbox Plugin