Home   Blog  
Kiat

  Kamis, 08 Agustus 2019 15:11 WIB

Pengguna Media Sosial di Indonesia Tahun 2018

Author   Admin Blog

Foto oleh: Pixabay

Zaman sekarang, tidak afdal jika tidak memiliki akun media sosial, baik itu di aplikasi jejaring sosial atau pun aplikasi pesan singkat. Masyarakat Indonesia pun terkenal dengan keaktifannya dalam menggunakan media sosial. Buktinya, sebanyak 150 juta jiwa atau 56% dari total populasi masyarakat Indonesia menggunakan media sosial secara aktif. Terkait dengan topik tersebut, Hootsuite dan We Are Social membuat penelitian mengenai perilaku masyarakat Indonesia terhadap media sosial selama tahun 2018. Salah satu hasil penelitiannya menjabarkan persentase pengguna media sosial di Indonesia. Berikut adalah daftar media sosial yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia.

Daftar persentase pengguna media sosial di Indonesia

 

  1. YouTube

Tidak mengejutkan jika YouTube menjadi media sosial terbanyak digunakan oleh masyarakat Indonesia, yaitu sebanyak 88% dari dari total populasi masyarakat Indonesia. Hal tersebut bisa terjadi karena banyaknya keunggulan yang dimiliki YouTube. Konten di YouTube bisa dibilang tidak terbatas. Kontennya pun beragam, bisa dinikmati oleh siapapun sesuai dengan kebutuhan apapun. Nilai tambah lainnya adalah seseorang bisa menghasilkan uang dengan menjadi Youtuber. Hal tersebut menambah daya tarik masyarakat untuk menggunakan media sosial YouTube. Berdasarkan data Google selama tahun 2018, tiga kata kunci pencarian YouTube terbanyak adalah lagu, film, dan DJ.

  1. WhatsApp

Sebanyak 83% dari total populasi masyarakat Indonesia menggunakan WhatsApp. WhatsApp adalah aplikasi chat yang dimiliki oleh perusahaan Facebook. Aplikasi ini memudahkan kita dalam mengirim pesan, menelfon, video call, mengirim pesan audio, mengirim gambar, dan hal-hal lainnya. Dapat dikatakan bahwa sebagian besar masyarakat Indonesia memercayai WhatsApp sebagai wadah berkomunikasi jarak jauh mereka.

  1. Facebook

Media sosial yang terbentuk pada tahun 2004 ini menempati posisi ketiga sebagai media sosial terbanyak digunakan di Indonesia, yaitu digunakan oleh  81% dari total populasi masyarakat Indonesia. Jika dilihat dari sisi usia, jumlah pengguna dewasa lebih banyak dari pada anak-anak. Tetapi bukan berarti Facebook tidak digunakan oleh anak-anak. Dengan Facebook, seseorang bisa berbagi file dan foto. Pengguna pun bisa bertemu dengan komunitas hobi yang sama.

  1. Instagram

Media sosial milik Facebook ini menempati posisi keempat, yaitu sebanyak 80% dari total populasi masyarakat Indonesia. Instagram dikenal sebagai media sosial kekinian. Kebanyakan penggunanya adalah remaja. Tidak hanya remaja, Instagram juga digunakan oleh para pebisnis untuk mempromosikan produk/jasa mereka. Sudah banyak pebisnis atau penjual yang menggunakan wadah Instagram untuk berjualan. Hal tersebut bisa terjadi karena tidak ada biaya yang dipungut dan banyaknya pengguna Instagram yang aktif mencari barang/jasa di media sosial tersebut. Selain wadah untuk membagikan foto atau video, Instagram juga digunakan untuk mengupdate keseharian menggunakan Instagram Stories dan melakukan percakapan meggunakan Direct Message.

 

Keempat media sosial diatas memiliki jumlah pengguna sebanyak 80% ke atas dari total populasi masyarakat Indonesia. Selain keempat media sosial tersebut, masih ada 12 media sosial lain yang digunakan masyarakat Indonesia. Berikut adalah nama-nama dan persentase penggunanya (urutan dilanjutkan dari atas).

  1. LINE (59%)
  2. Twitter (52%)
  3. Facebook Messenger (47%)
  4. BBM (38%)
  5. LinkedIn (33%)
  6. Pinterest (29%)
  7. Skype (28%)
  8. WeChat (28%)
  9. Snapchat (26%)
  10. Path (25%)
  11. tumblr (20%)
  12. reddit (16%)

Keterangan: Persentase dari total populasi masyarakat Indonesia.

 

Baca kiat-kiat menulis lainnya dari Tempo Institute!

Tertarik belajar jurnalistik, media dan komunikasi? Akses kelas online di #KelasTanpaBatas. Atau ikuti belajar langsung di ruang redaksi Tempo. Informasi lengkapnya klik di halaman Program

 

(Fatimah Mardiyah)

Baca juga : Badan Siber dan Sandi Negara Akan Gandeng BIN, TNI, Polri

Bagikan
WordPress Video Lightbox Plugin