Home   Blog  
Kiat

  Jumat, 05 Juli 2019 15:28 WIB

Sulit Menulis Secara Produktif? Coba 8 Aplikasi Ini!

Author   Admin Blog

Foto oleh: Startup Stock Photos

Menulis secara produktif bukanlah hal yang mudah. Banyak sekali distraksi yang bisa muncul, terutama jika kita menulis secara digital, seperti di komputer dan laptop. Dengan banyaknya aplikasi di perangkat tersebut, tujuan kita untuk menulis menjadi terganggu sehingga menjadi tidak produktif. Tetapi, asal kamu tahu, ada beberapa situs web dan aplikasi yang dapat mendukung kamu agar tetap menulis secara produktif di perangkat-perangkat tersebut.

8 situs web dan aplikasi yang dapat membantumu untuk menulis secara produktif

 

  1. Calmy Writer

Calmy Writer adalah situs web yang memiliki fitur seperti Microsoft Word. Fitur-fitur dasar dalam menulis sudah tersedia, seperti bold, italic, underline, dan lain-lain. Terdapat juga penghitungan jumlah kata, pengecek grammar otomatis, dan pendeteksi plagiarisme. Calmly writer dapat membantumu untuk tetap fokus menulis karena saat kamu mulai menulis, semua opsi yang mengganggu akan hilang. Keunggulan dari situs web ini adalah fitur Focus Mode. Dengan fitur tersebut, paragraf yang sedang tidak kamu kerjakan akan memudar sehingga terfokus ke paragraf yang sedang kamu kerjakan.

  1. ZenPen

ZenPen memiliki bentuk yang sama dengan Calmly Writer, yaitu situs web yang membantumu menulis dengan fokus dan tanpa adanya distraksi yang muncul. Fitur-fiturnya pun sama, walaupun tidak selengkap Calmy Writer. Keunggulan dari situs web ini adalah fitur target jumlah kata. Jadi, sebelum mulai menulis, kamu perlu menentukan jumlah kata yang kita ingin capai. Pada saat jumlah kata sudah tercapai, garis hijau akan muncul.

  1. Self Control

Self Control adalah sebuah aplikasi yang hanya bisa diunduh di Mac. Aplikasi ini berfungsi menjagamu dari situs web yang muncul yang dapat mengganggu pekerjaan menulismu dengan cara memblokirnya. Kamu bisa mengatur durasi pemblokiran sesuai dengan kebutuhan. Tetapi, kamu tidak bisa asal memilih durasinya karena sebelum durasi tersebut berakhir kamu tidak akan bisa mengakses situs web tersebut.

  1. myNoise

jika kamu mudah terdistraksi dengan suara sekitar, situs web ini akan cocok untukmu. MyNoise adalah situs web yang menyediakan berbagai macam latar suara yang dapat membantumu untuk tetap fokus. Bukan latar suara biasa, tetapi latar suara yang membantu seseorang untuk tetap fokus. Terdapat banyak pilihan latar suara, seperti latar suara di kafe, suara hujan, suara di gua, dan lain-lain.

  1. Evernote

Fitur utama dari Evernote adalah notes. Dengan notestersebut, kamu bisa mencatat hal-hal yang perlu kamu lakukan dan yang sudah kamu lakukan. Jika kamu secara tiba-tiba terbesit ide mengenai tulisanmu, kamu bisa menulisnya di notesini. Tidak hanya tulisan, tetapi kamu juga bisa memasukkan elemen lain, seperti gambar. Dengan fitur ini, kamu dapat menulis hal-hal terperinci dan menyusun hal-hal yang perlu dilakukan. Selain dari notes, banyak fitur lain yang dapat memaksimalkan pekerjaanmu.

  1. Index Card

Index Card adalah aplikasi yang tersedia untuk IPad. Aplikasi ini dapat membantumu terkait penyusunan ide penulisanmu. Dengan menggunakan aplikasi ini, kerangka tulisan atau ide-ide tulisanmu akan lebih terorganisir dan efisien. Tampilan dari aplikasi ini adalah papan gabus beserta kertas-kertas kecil sebagai catatannya.

  1. Focus Keeper

Focus Keeper adalah sebuah aplikasi yang dapat menjadwalkan waktu pengerjaan dan waktu untuk istirahat. Jadi, dengan mengatur waktu tersebut, kamu tidak akan terlalu jenuh dengan pekerjaanmu karena akan adanya waktu untuk istirahat. Durasi untuk pengerjaan dan istirahat diatur sesuai dengan kebutuhanmu. Dengan begitu, kamu akan memiliki waktu yang seimbang, yaitu antara menulis dan istirahat serta membuatmu menjadi lebih produktif.

  1. Write or Die 2

Write or Die 2 adalah situs web dan aplikasi yang memaksamu untuk menulis. Cara ini cukup ekstrem. Cara kerjanya adalah kamu perlu menentukan waktu untuk menulis. Jika kamu menyelesaikannya sebelum waktu tersebut habis, kamu bisa mendapat keuntungan/penghargaan. Tetapi, jika kamu tidak menyelesaikan target tulisanmu, kamu akan diberi konsekuensi yang menyeramkan, seperti munculnya laba-laba, munculnya lagu menyeramkan, dan hal-hal menyeramkan lainnya.

Baca juga kiat menulis lainnya dari Tempo Institute: Kiat-kiat Menulis dari Tempo Institute.

Tertarik belajar menulis lebih dalam? Anda dapat mengasah kemampuan menulis di Tempo Institute.

 

(Fatimah Mardiyah)

Baca juga : Badan Siber dan Sandi Negara Akan Gandeng BIN, TNI, Polri

Bagikan
WordPress Video Lightbox Plugin