Home   Blog  
Kiat

  Friday, 15 May 2020 11:02 WIB

Tips Menulis Cerita Perjalanan: Deskripsi, Diksi, dan Data

Author   Fadhli Sofyan

Ilustrasi tips menulis cerita perjalanan. Credit: Archie Binamira

Editor tulisan perjalanan Tempo Qaris Tajudin membagikan tips menulis cerita perjalanan. Setidaknya ada tiga hal yang dapat membuat tulisan perjalanan semakin menarik, yaitu: Deskripsi, Diksi dan Data. Tips ini ia sampaikan di kelas menulis cerita perjalanan pada acara Travel Addict Festival, September 2019 lalu.

Ikuti Kelas Online Menulis Cerita Perjalanan Autentik dari Tempo Institute, informasi lengkap klik di sini.  

Pertama, Anda bisa mulai menulis dengan mendeskripsikan keadaan dan suasana, bukan sekedar menceritakan bahwa apa yang dilihat itu indah namun juga memberikan penjelasan agar pembaca hanyut dalam cerita.

“Misalnya, Anda bercerita tentang gunung yang indah. Deskripsikan keindahannya itu seperti apa. Apakah gunungnya besar, tinggi seberapa, uniknya, bagaimana, dan sebagainya,” katanya.

Kedua, diksi atau pemilihan kata saat mendeskripsikan sesuatu juga harus berbeda. Qaris pun menyarankan untuk memperbanyak diksi atau pilihan kata yang paling tepat dan selaras untuk menulis.

“Agar menarik minat pembaca, pakai bahasa-bahasa yang berbeda dari orang lain. Ini bisa dilakukan dengan diksi,” katanya.

Terakhir, Qaris juga mengimbau untuk menyertakan data pendukung dalam tulisan perjalanan. Namun, harus digarisbawahi, jumlahnya tidak perlu banyak dan sederhana. Misalnya, satu paragraf di tengah tulisan dan jika memiliki angka, hanya menggunakan bilangan pokok saja.

Kalau penulis menilai sebuah gunung sangat tinggi, maka perlu ada data untuk mendukungnya. “Contohnya, tinggi gunung ini 14 koma sekian. Tidak perlu mendetail, cukup 14 saja. Ini bertujuan agar tulisan kita tetap menyertakan fakta dan tidak subjektif,” katanya.

Tertarik membuat cerita perjalananmu lebih menarik? Ikuti Kelas Online Menulis Cerita Perjalanan Autentik dari Tempo Institute.

Di kelas online ini Anda akan belajar cara membuat tulisan cerita perjalanan yang enak dibaca dan autentik. Lihat kelasnya di sini.

Artikel ini pernah dimuat di TEMPO.CO dengan judul Tips buat Pemula yang Ingin Menulis Cerita Perjalanan.

Baca juga : Badan Siber dan Sandi Negara Akan Gandeng BIN, TNI, Polri

Bagikan
WordPress Video Lightbox Plugin