Home   Blog  
Kiat

  Monday, 03 August 2020 17:41 WIB

9 Tips Jitu Mengatasi Writer’s Block saat Menulis

Author   Admin Blog

Photo by Nick Morrison on Unsplash

Writer’s block adalah keadaan di mana penulis mengalami kebuntuan dalam membuat atau melanjutkan tulisannya. Tidak dipungkiri, menulis adalah kegiatan yang membutuhkan kreativitas. Keharusan untuk menghasilkan tulisan yang menarik setiap hari dengan tenggat waktu yang terbatas, dapat menyebabkan penulis mengalami writer’s block. Sehingga kemampuan dalam mengatasi writer’s block, adalah hal yang harus dimiliki seorang penulis. 

Ada beberapa hal yang menyebabkan seorang penulis mengalami writer’s block. Membutuhkan waktu lama untuk riset dan mengumpulkan ide, takut akan kritik sehingga ragu-ragu dalam menuangkan ide ke dalam tulisan, hingga sifat perfeksionis ingin menghasilkan tulisan yang sempurna. Berikut 9 tips mengatasi writer’s block saat menulis yang perlu Anda ketahui. 

1. Menulis bebas

Menulis dengan topik yang sama setiap hari terkadang bisa membuat lelah dan jenuh. Kejenuhan seringkali membuat kreativitas Anda terhambat sehingga menimbulkan writer’s block. Anda bisa mencoba menulis bebas tentang hal apapun yang Anda suka atau hal  apapun yang ada di pikiran Anda. Menurut Writer’s Digest, menulis bebas dapat membantu otak menggali kata-kata yang sebenarnya sudah lama ada di kepala dan memberikan tempat untuk kata-kata tersebut di tulisan Anda. 

2. Membaca buku dan browsing di media sosial

Membaca buku bisa membantu Anda dalam mengumpulkan ide dan inspirasi. Anda bisa mendapatkan beragam informasi dan wawasan dengan membaca buku. Tidak hanya itu, membaca buku juga dapat memperkaya perbendaharaan kata dan sudut pandang. Sehingga kreativitas Anda dalam menulis akan mengalir kembali.

Selain membaca buku, Anda juga bisa menjelajah media sosial untuk menambah informasi terkait topik yang Anda tulis. Anda bisa membaca artikel-artikel di berbagai media sosial dan situs web untuk mengatasi writer’s block. Semakin lengkap informasi yang didapat, semakin akurat juga tulisan yang Anda buat. 

3. Berdiskusi 

Anda bisa mencoba berdiskusi atau mengobrol dengan orang di sekitar Anda. Selain menghilangkan rasa jenuh, berdiskusi dengan orang lain juga bisa menambah inspirasi dalam menulis. Seringkali Anda mendengarkan pengalaman dan pendapat orang lain saat berdiskusi. Hal ini dapat memperkaya sudut pandang dan wawasan Anda, sehingga writer’s block bisa teratasi. 

4. Singkirkan distraksi 

Fokus yang terganggu adalah salah satu hal yang menyebabkan writer’s block. Scrolling media sosial, berkirim pesan dengan teman, hingga berbelanja online adalah beberapa contoh distraksi saat menulis. Anda harus disiplin dalam meninggalkan hal-hal yang mendistraksi tersebut. Ambil jarak dan fokuskan pikiran pada topik dan alur tulisan Anda.

5. Melakukan hal yang menyenangkan

Anda bisa menyegarkan kembali pikiran yang penat dengan melakukan hal-hal yang menyenangkan. Buatlah pikiran Anda rileks dengan melakukan hobi. Misalnya menonton film atau serial, melukis, menari, hingga berkebun. Anda juga bisa beristirahat sejenak dan mandi untuk menghilangkan kepenatan. Pikiran yang segar dan rileks merupakan kunci untuk mengatasi writer’s block saat menulis.

6. Membaca kembali kerangka tulisan

Biasakan membuat kerangka tulisan (outline) terlebih dahulu sebelum menulis. Kerangka tulisan merupakan panduan dalam menulis agar tulisan tetap fokus dan tidak melantur ke mana-mana. Anda bisa membaca kembali kerangka tulisan jika mengalami writer’s block. Dengan membaca kembali kerangka tulisan, Anda bisa mendapatkan petunjuk tentang informasi apalagi yang perlu ditambahkan pada tulisan Anda. 

7. Temukan waktu terbaik dan tempat yang nyaman

Setiap orang membutuhkan kondisi yang berbeda agar dapat menulis dengan lancar. Ada yang bisa menulis dengan lancar di pagi hari dengan suasana yang sepi, ada pula yang tidak masalah menulis saat larut malam di kafe yang ramai. Waktu dan tempat yang tepat sangat berperan dalam mengatasi writer’s block saat menulis. Kenali karakter diri, agar Anda dapat menemukan waktu terbaik (golden time) dan tempat nyaman yang cocok untuk menulis. 

8. Berolahraga ringan

Anda bisa melakukan olahraga ringan untuk menjernihkan pikiran dan meningkatkan mood. Yoga, push-up, dan sit-up adalah beberapa olahraga ringan yang bisa Anda lakukan. Berolahraga dapat meningkatkan fungsi dan kinerja otak sehingga pikiran menjadi lebih rileks dan produktif. Selain itu, berolahraga juga dapat membuat perasaan menjadi lebih baik. Pikiran dan perasaan yang positif sangat berpengaruh dalam mengatasi writer’s block

9. Ingat Kembali Motivasi Menulis

Mengingat kembali motivasi saat Anda mulai menulis bisa menjadi cara ampuh untuk membangkitkan semangat. Setiap orang tentunya memiliki motivasi yang beragam saat memutuskan untuk menulis. Menyalurkan hobi, membagi informasi dan pengetahuan, hingga mendapatkan penghasilan. Ingat kembali hal apa yang menggerakkan Anda untuk menulis. Dengan begitu, semangat Anda dapat bangkit kembali dan writer’s block bisa teratasi. 

 

Anda ingin semakin andal dalam menulis? Yuk ikuti kelas-kelas online dari Tempo Institute!

 

Erdisa Nurmalia

Baca juga : Badan Siber dan Sandi Negara Akan Gandeng BIN, TNI, Polri

Bagikan
WordPress Video Lightbox Plugin