Home   Blog  
Kiat

  Rabu, 10 Juli 2019 08:30 WIB

Multimedia Membuat Tulisan Lebih Menarik

Author   Admin Blog

Foto oleh: rawpixel.com

Jika kamu ingin mempublikasikan tulisanmu di internet dan merasa tulisanmu kurang menarik, kamu bisa menerapkan multimedia dalam tulisan, lho. Tetapi, apa itu multimedia? Multimedia adalah suatu cara penyajian sebuah konten yang terdiri dari kombinasi banyak elemen, seperti tulisan, gambar, audio, animasi, video, dan lain-lain.

Seperti namanya, multimedia berarti banyaknya media yang digunakan untuk menyajikan suatu konten. Dengan menggunakan banyak elemen tersebut, kontenmu akan menjadi lebih menarik dan pembaca atau penonton tidak akan bosan membacanya atau melihatnya karena konten tersebut memperlihatkan dan menawarkan banyak hal menarik.

Untuk membuatnya tidak sulit kok! Kamu hanya perlu memikirkan elemen apa saja yang ingin kamu gabungkan dan tampilan seperti apa yang ingin kamu buat. Dalam tulisanmu, kamu bisa menempatkan beberapa elemen di bawah ini.

Beberapa elemen yang dapat digunakan untuk menerapkan multimedia dalam tulisan:

 

  1. Teks

Hal pertama yang sudah pasti ada adalah teks. Kamu bisa membuat teks yang cukup panjang atau beberapa kalimat saja. Banyaknya teks yang ingin kamu tempatkan perlu disesuaikan juga dengan tujuanmu. Jika kamu mengutamakan visual yang enak untuk dilihat dan hanya ingin memberi tahu hal-hal secara singkat, kamu hanya perlu memasukkan teks-teks penting yang bisa menggambarkan inti tulisanmu. Bisa dicontoh dari infografis, memberikan sedikit tulisan tetapi sangat bermakna. Tetapi, jika kamu memang ingin menuangkan banyak informasi, tidak apa-apa jika kamu ingin memasukkan banyak teks, tetapi syaratnya adalah tidak berlebihan.

  1. Gambar

Gambar memiliki peranan penting dalam menciptakan konten yang menarik. Tanpa adanya gambar, pembaca akan lebih cepat bosan karena hanya melihat teks yang banyak. Berbeda kodisinya jika ada gambar yang dimasukkan. Selain menjadikan tulisanmu menjadi lebih menarik, gambar bisa menjadi pengganti teks dalam menyampaikan beberapa informasi. Hal tersebut akan terkesan lebih ringkas dan juga menarik.

  1. Video

Video memiliki peran yang serupa dengan gambar. Video dapat dijadikan sebagai unsur menarik dalam tulisanmu. Video juga dapat dijadikan sebagai pemberi informasi, selain dari teks dan gambar. Melalui video, kamu bisa memberikan informasi baru yang memerlukan gambar beserta informasinya. Kamu pun bisa membuat ringkasan tulisanmu dalam bentuk video yang ditempatkan di akhir tulisan. Dengan begitu, pembaca akan lebih mudah mendapatkan inti dari tulisanmu.

  1. Animasi dan Audio

Animasi dan audio adalah pelengkap untuk tulisanmu. Dengan menambahkan kedua elemen tersebut, nilai menarik dari tulisanmu bisa bertambah. Animasi bisa kamu tempatkan di sela-sela tulisan ataupun di dalam gambar yang biasa disebut sebagai gif. Audio/suara bisa kamu putar pada saat seseorang membuka laman tulisanmu. Audio juga bisa digabungkan dalam elemen video.

Jika kamu ingin memperdalam kemampuanmu dalam menulis, kamu bisa mengikuti pelatihan-pelatihan menulis yang diadakan oleh Tempo Institute.

 

(Fatimah Mardiyah)

Baca juga : Badan Siber dan Sandi Negara Akan Gandeng BIN, TNI, Polri

Bagikan
WordPress Video Lightbox Plugin