Home   Blog  
Kiat

  Rabu, 19 Juni 2019 17:42 WIB

Tips Mencari Ide Tulisan di Saat Buntu

Author   Admin Blog

Foto oleh: Fotografiarende

Pernah kekeringan ide saat menulis? Rasanya semua hal sudah dibahas dari A sampai Z. Atau sebaliknya tak ada satu hal pun yang menarik dijadikan ide tulisan. Jangan biarkan kebuntuan mengalahkanmu, baca kiat mencari ide tulisan dari Tempo Insitute.

Tips Mencari Ide Tulisan di Saat Buntu

 

Cari Tempat yang Nyaman

Cara pertama untuk mencari ide tulisan adalah mencari tempat yang membuatmu nyaman. Zaman sekarang, sudah terdapat banyak sekali tempat nyaman yang dapat mendukung Anda agar kondusif dalam mengerjakan beberapa hal, seperti perpustakaan, cafe, dan lain-lain. Tidak menutup kemungkinan juga bahwa rumahmu merupakan tempat yang nyaman bagi Anda. Dengan berada di tempat yang membuatmu nyaman, pikiranmu akan cenderung menjadi lebih tenang sehingga ide-ide tulisan dapat lebih cepat muncul.

 

Banyak Membaca

Menulis dan membaca adalah dua hal yang tak bisa dipisahkan. Dengan banyak membaca, Anda akan menemukan berbagai macam hal yang dapat membantu Anda untuk menemukan ide tulisan yang tepat. Mulailah dengan membaca tulisan-tulisan yang mudah untuk diraih, seperti blog, artikel-artikel di internet, dan buku yang Anda miliki. Jika Anda sudah menemukan ide mentah, Anda dapat menggali ide tersebut agar matang dengan membaca bahan-bahan yang khusus menjelaskan tentang ide mentah yang telah Anda dapatkan tersebut. Contohnya, jika Anda ingin menulis tentang olahraga, Anda bisa membaca majalah olahraga, artikel koran tentang olahraga, siaran olahraga di televisi, dan lain-lain.

 

Cari Teman Mengobrol

Cara ketiga untuk mencari ide tulisan adalah mencari insipirasi dengan berkomunikasi dengan banyak orang. Tak harus diskusi soal tulisan atau pekerjaan, Anda dapat menyinggung atau membahas apa saja. Perbincangan yang luas dan mengalir memunculkan mungkin dapat melahirkan banyak ide atau inspirasi bagi Anda. Obrolan Anda akan berkembang dan sudut pandang Anda jadi lebih beragam untuk suatu tulisan.

 

Cari Referensi Lain

Saat mencari ide tulisan cobalah cari referensi-referensi lain. Referensi lain dapat berupa film, musik, dan permainan. Dari referensi-referensi tersebut, Anda bisa mengambil beberapa ide untuk tulisan Anda. Tetapi, ingat, bukan berarti melakukan plagiat. Anda hanya mengambil ide untuk dikembangkan, bukan mengambil ide secara keseluruhan.

Selain keempat cara tersebut, masih terdapat banyak cara lain mencari ide tulisan. Tetapi, satu hal penting untuk Anda yang ingin menulis adalah memulai. Jika Anda hanya memikirkan ide tanpa mencoba untuk mulai menulis, Anda akan cenderung menundanya sehingga tulisan Anda tidak akan selesai. Selamat mencoba!

 

Baca juga kiat menulis lainnya dari Tempo Institute: Kiat-kiat Menulis dari Tempo Institute.

Tertarik belajar menulis lebih dalam? Anda dapat mengasah kemampuan menulis di Tempo Institute.

 

Penulis: Fatimah Mardiyah
Editor: Fadhli Sofyan

Baca juga : Badan Siber dan Sandi Negara Akan Gandeng BIN, TNI, Polri

Bagikan
WordPress Video Lightbox Plugin