Home   Blog  
Kiat

  Wednesday, 26 August 2020 13:31 WIB

Manfaat Menulis untuk Kesehatan Mental, Bikin Lebih Bahagia!

Author   Admin Blog

Foto oleh Andrea Piacquadio dari Pexels

Menulis adalah kegiatan dengan sejuta manfaat. Selain mengasah otak, menulis juga sangat berguna untuk kesehatan mental. Mental yang sehat adalah kunci untuk hidup yang lebih bahagia dan produktif. Maka, Anda perlu coba mulai menulis untuk meningkatkan kualitas hidup Anda. Berikut manfaat menulis untuk kesehatan mental yang perlu Anda ketahui.

1. Membuat perasaan menjadi lebih baik

Ketidakmampuan dalam mengungkapkan perasaan membuat Anda merasa tertekan. Anda bisa mengungkapkan emosi-emosi negatif seperti kecewa, sedih, dan marah dengan menulis. Hal ini disebut menulis ekspresif atau sebut saja curhat. Tuliskan apa saja yang Anda rasakan dan bagaimana pendapat Anda tentang hal-hal tersebut.

Anda bisa menuliskan perasaan-perasaan terpendam Anda dengan jujur di buku catatan. Menulis ekspresif membantu Anda memahami apa yang terjadi dengan lebih baik. Selain itu, Anda juga belajar memaafkan dan mengikhlaskan secara perlahan lewat menulis. Sehingga hati Anda bisa menjadi lebih tenang dan lega untuk menjalani kehidupan ke depannya.

2. Mengurangi stres dan rasa cemas

Menulis ekspresif mampu menurunkan kadar stres dan cemas. Seringkali, Anda merasa cemas dan stres karena pikiran sedang kalut. Dengan menulis, secara tidak langsung Anda juga mengurai ‘benang kusut’ yang ada dalam pikiran. Hal ini membantu Anda dalam mengurangi overthinking

Anda juga akan mengasah sisi kreatif dan intuitif Anda dengan menulis. Lewat menulis, Anda belajar melihat berbagai hal dengan sudut pandang dan pemahaman yang lebih luas. Hal ini akan sangat menolong Anda dalam memecahkan masalah dengan lebih rasional dan terarah.

3. Meningkatkan mood dan rasa syukur, manfaat menulis untuk kesehatan mental yang bikin bahagia

Menulis jurnal syukur bisa membuat Anda mengingat kembali hal-hal yang membuat Anda bahagia. Anda bisa menuliskan hal-hal sederhana yang Anda syukuri. Misalnya, bisa merasakan angin yang sejuk, sarapan dan kopi yang enak, atau bangun dalam keadaan sehat. Perasaan-perasaan bahagia yang Anda recall atau panggil kembali ini bisa meningkatkan mood

Selain itu, Anda bisa menjadi lebih mindful dengan sering menulis. Mindful adalah kondisi sadar dan menerima seutuhnya apa yang terjadi di masa kini. Kondisi mindful membuat Anda semakin fokus, bahagia, dan produktif.

Anda bisa mulai menulis kapanpun dan di manapun. Jadikan menulis sebagai kegiatan yang menyenangkan. Sebab apapun yang dilakukan dengan hati akan memberi manfaat nyata baik untuk diri sendiri maupun orang lain.

Tidak perlu khawatir jika Anda merasa masih perlu meningkatkan kemampuan menulis Anda. Anda bisa mengikuti Kelas Menulis dan Menerbitkan Buku bersama Tempo Institute yang bisa Anda akses dari mana saja.

 

Penulis: Erdisa Nurmalia
Editor: Fadhli Sofyan

Baca juga : Badan Siber dan Sandi Negara Akan Gandeng BIN, TNI, Polri

Bagikan
WordPress Video Lightbox Plugin