Home   Blog    Pelatihan
Dapur Tempo

  Friday, 12 July 2019 17:48 WIB

Lomba Cerpen Berhadiah Pelatihan Menulis Fiksi bersama Leila S. Chudori

Author   Tempo Institute

Leila S. Chudori mengajar pelatihan Menulis fiksi di Tempo Institute, 19 April 2019

Tempo Institute mengadakan lomba cerpen berhadiah satu buah tiket Pelatihan Menulis Fiksi Bersama Leila S. Chudori. Leila S. Chudori adalah penulis novel berjudul Pulang dan Laut Bercerita. Dalam novel Pulang, Leila mengambil latar tiga peristiwa bersejarah tahun 1965 di Indonesia, revolusi mahasiswa di Paris, Prancis, pada Mei 1968, serta tragedi Mei 1998 yang menandai keruntuhan rezim Orde Baru di Indonesia. Di Laut Bercerita, Leila bertutur soal kisah seorang protagonis bernama Biru Laut Wibisono yang menarasikan tragedi 1998 dari sudut pandang mahasiswa dan aktivis yang diculik saat itu.

Anda bisa mengikuti pelatihan menulis fiksi senilai empat juta rupiah ini dengan gratis. Caranya mudah, hanya dengan menuliskan link/url cerpen yang pernah Anda tulis di blog atau media online. Kirimkan link tersebut ke kolom komentar halaman web catatanpringadi. Anda juga mesti menyertakan alamat email juga membagikan info ini di media sosial Anda (twitter, facebook atau instagram) dengan tagar #kelasmenulisfiksi. Batas akhir lomba cerpen adalah tanggal 30 Juli 2019, satu orang pemenang akan diumumkan tanggal 7 Agustus 2019

Tertarik mengikuti lomba cerpen ini? Di pelatihan menulis fiksi ini Anda akan didampingi oleh Leila S. Chudori, wartawan TEMPO, sekaligus penulis novel “Laut Bercerita”. Anda akan belajar hal-hal yang dibutuhkan untuk menulis sebuah karya yang baik, kiat menulis cerita pendek. Teori penting dalam menulis fiksi juga akan diajarkan, yaitu teknik membuat drama tiga babak, membuat karakter, praktik langsung belajar tentang deskripsi, dan membuat intro yang menarik.

Selama pelatihan menulis fiksi Anda akan mendapatkan penugasan dan latihan langsung. Tugas-tugas tersebut akan dibahas dan diberi masukan oleh Leila S. Chudori. Anda akan mendapat 5 kali pertemuan intensif pada tanggal 15 Agustus, 22 Agustus, 29 Agustus, 05 September, dan 12 September 2019 pukul 16.00-19.00 WIB. Pelatihan berlangsung di co-working space ruang & tempo, Gedung Tempo Lantai 8, Jalan Palmerah Barat No. 8, Jakarta dan satu kali pelatihan di luar kelas (tempat bersejarah) untuk latihan eksplorasi. Semoga Anda beruntung dan memenangkan lomba cerpen ini, ya!

Baca juga : Badan Siber dan Sandi Negara Akan Gandeng BIN, TNI, Polri

Bagikan
WordPress Image Lightbox