Home   Blog  
Kiat

  Rabu, 14 Agustus 2019 09:00 WIB

Kursus Menulis Online, Tambah Ilmu secara Fleksibel

Author   Admin Blog

Foto oleh: rawpixel.com

Kursus online bisa membantu Anda yang ingin memperluas wawasan dan menambah pengetahuan tetapi dengan waktu dan tempat yang fleksibel. Salah satu kursus online yang tinggi peminat adalah kursus online menulis. Kursus online menulis sudah banyak tersedia dengan materi yang beragam. Bagi Anda yang tertarik untuk mencoba, Tempo Institute memberikan pilihan-pilihan kursus online menulis yang bisa dipertimbangkan.

Kursus menulis online yang bisa Anda coba!

 

  1. InstitutPenulis.id

Kursus yang ditawarkan oleh InstitutPenulis.id adalah kursus online. Dalam kursus-kursus yang disediakan, InstitutPenulis.id mengajarkan beragam macam keterampilan menulis, seperti penulisan bisnis, buku, kreatif, akademis, dan juga kehumasan. Beberapa kursus yang telah dibuka di dalam situs web resminya adalah Basic Copywriting, Writing Toolbox, 30 Hari Mahir Menulis Buku Nonfiksi, dan lain-lain.

Selain itu, InstitutPenulis.id juga menyediakan dua layanan lain, yaitu Tinjauan Buku dan Konsultan Penerbitan. Tinjauan Buku berbentuk layanan video mengenai proses kreatif dan tinjauan buku langsung dari penulisnya atau para pakar. Konsultan Penerbitan menyediakan layanan konsultansi profesional penulisan dan penerbitan untuk perseorangan atau organisasi/Lembaga.

  1. Kursus Menulis Online

Kursus Menulis Online adalah kursus yang khusus menyaipkan pesertanya dalam menciptakan karya dan menjadi seorang penulis. Hal tersebut bisa diwujudkan dalam 40 hari. Di kursus ini, Anda tidak hanya dibimbing untuk menyelesaikan naskah, tetapi sampai naskah tersebut terbit menjadi buku.

Materi yang akan Anda dapatkan adalah cara efektif dalam membuat naskah, formula rahasia penulis, strategi menembus penerbit, cara membuat tulisan agar enak untuk dibaca, dan materi-materi lainnya. Selain itu, Anda bisa mendapatkan webinar setiap sebulan sekali. Dalam situs webnya, terdapat banyak testimoni alumni peserta yang bisa Anda jadikan sebagai pertimbangan.

  1. Ayo Menulis

Kursus menulis online lainnya yang bisa Anda pertimbangkan adalah Ayo Menulis. Selama mengikuti kursus, Anda akan dibimbing untuk menyelesaikan sepuluh tulisan. Tidak hanya pemberian materi, tetapi Anda akan diajak memahami dan langsung mempraktikkannya. Anda juga akan mendapat tips tentang cara mengurai kemacetan saat menulis dan mengatasi kebuntuan. Tenang saja, bimbingan kursus Ayo Menulis dilakukan secara privat sehingga Anda tidak akan terdistraksi oleh peserta lain.

Dalam situs webnya, Ayo Menulis menyediakan tiga bonus spesial bagi Anda yang mengikuti kursusnya. Pertama adalah self-publishing guide, yaitu panduan dan bimbingan terkait menerbitkan karya secara mandiri. Kedua adalah productivity booster, yaitu panduan dan tools agar Anda bisa menjadi penulis yang produktif. Ketiga adalah bebas konsultasi selama setahun.

  1. Penulis Cilik

    Kursus menulis online yang satu ini tidak terbuka untuk umum. Tetapi, jika Anda mendaftakan diri menjadi member, Anda sudah bisa mengikuti kursus ini. Terdapat beberapa materi yang tersedia, yaitu basic copywriting, pelatihan menulis buku, writing toolbox, dan kursus penulis konten. Untuk kursus penulis konten, Anda bisa mendapatkan tips dan trik tentang SEO (Search Engine Optimization), kata kunci yang memiliki banyak pengunjung, dan lain-lain.

    Ternyata Penulis Cilik juga membuat aplikasi yang bisa diunduh di Play Store, lho! Aplikasi Penulis Cilik adalah panduan menulis untuk anak-anak atau pemula yang ingin belajar menulis dan ingin menjadi penulis. Tenang saja, aplikasi ini disediakan secara gratis.

  2.  Tempo Institute

Tempo Institute adalah suatu lembaga yang fokus dalam mengadakan pelatihan-pelatihan, salah satunya adalah pelatihan menulis. Bagi Anda yang belum tahu, Tempo Institute memiliki kelas online yang bernama Kelas Tanpa Batas. Di Kelas Tanpa Batas, Anda bisa mengakses video mentor, bahan bacaan, soal latihan, dan mentoring jarak jauh. Kelas ini direkomendasikan bagi Anda yang sibuk atau sulit menjangkau tempat pelatihan menulis.

Anda dapat akses KTB01, kelas yang mengajarkan teknik menulis sebagai kelas dasar. Selain itu ada juga  KTB02, Anda akan belajar menulis opini yang memiliki argumentasi kuat.

 

Tertarik belajar jurnalistik, media dan komunikasi? Akses kelas online di #KelasTanpaBatas. Atau ikuti belajar langsung di ruang redaksi Tempo. Informasi lengkapnya klik di halaman Program.

(Fatimah Mardiyah)

 

Baca juga : Badan Siber dan Sandi Negara Akan Gandeng BIN, TNI, Polri

Bagikan
WordPress Video Lightbox Plugin