Home   Blog  
Kiat

  Rabu, 21 Agustus 2019 10:25 WIB

Komponen SEO yang Bantu Artikel Terjaring Google

Author   Admin Blog

Foto oleh: Pixabay

Apa saja 4 komponen penting dalam SEO? SEO (Search Engine Optimization) adalah elemen penting dalam penulisan berita atau artikel online. SEO menekankan pada cara membuat sebuah berita bisa terjaring mesin pencari di internet. Hal tersebut penting agar artikel yang Anda buat tidaklah sia-sia. Bayangkan berapa banyak berita atau artikel yang muncul di internet setiap harinya. Agar artikel Anda bisa mudah diraih oleh publik, perlu ada strategi yang dibuat, yaitu salah satunya adalah dengan SEO. SEO bisa membuat mesin pencari menemukan artikel Anda ketika seseorang mencari informasi terkait topik tersebut.

Semakin menggunakan prinsip SEO secara maksimal, semakin tinggi kemungkinan publik meraih artikel Anda. Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan agar Anda bisa memaksimalkan penggunaan SEO. Berikut adalah empat komponen yang membentuk pedoman SEO.

4 Komponen SEO, untuk Bantu Artikel Anda Terjaring oleh Mesin Pencari

 

  1. Kuantitas

Situs online dengan traffic internet tinggi akan berdampak baik terhadap kerja SEO. Traffic internet tinggi dapat dicapai dengan memuat konten artikel yang banyak. Oleh karena itu, perbanyaklah artikel di situs online Anda agar meningkatkan traffic internet.

  1. Kualitas

Dalam segi kualitas, terdapat beberapa elemen yang perlu diperhatikan, seperti tagline, judul, kata kunci, panjang artikel, kecocokan foto, hyperlink, dan lain-lain. Setiap elemen tersebut memengaruhi nilai artikel Anda dalam mesin pencari internet. Jika elemen-elemen tersebut dipenuhi dengan baik, Anda semakin memaksimalkan penggunaan SEO.

Kata kunci memegang peranan yang cukup penting karena kata kunci lah yang diketik oleh pencari informasi. Artikel Anda akan lebih mudah diraih oleh publik jika kata kunci dalam artikel sama dengan kata kunci yang biasa orang gunakan dalam mencari topik tersebut. Untuk mengetahui perbandingan kata kunci yang sering orang-orang cari, Anda bisa mencarinya di Google Ads.

Kata kunci juga menjadi elemen penting dalam judul artikel. Mesin pencari akan menemukan artikel Anda jika kata kunci terdapat di judul. Sebaiknya kata kunci diletakkan di depan agar mesin pencari bisa bekerja secara lebih optimal.

  1. Konsisitensi

Jika ingin memaksimalkan penggunaan SEO, Anda harus mengetahui berita hangat atau yang sedang ramai dibicarakan. Membuat artikel yang menyangkut hal-hal tersebut dapat lebih mudah untuk ditemukan oleh mesin pencari. Tetaplah up-to-date terhadap berita hangat dan konten-konten situs lain.

  1. Daya tahan

Situs online yang aktif sejak lama memiliki nilai tambah. Mereka sudah memiliki daya tahan dan poin lebih di mata mesin pencari. Mengapa? Mesin pencari meyakini kredibilitas dan kompetensi situs online tersebut karena rekam jejak situs yang sudah lama umumnya lebih panjang dan komprehensif.

 

Tulisan ini diadaptasi dari Buku Jurnalistik Dasar: Resep dari Dapur Tempo.

Ingin meningkatkan kemampuan? Anda dapat ikut belajar jurnalistik, komunikasi, dan media di Tempo Institute.

 

(Fatimah Mardiyah)

Baca juga : Badan Siber dan Sandi Negara Akan Gandeng BIN, TNI, Polri

Bagikan
WordPress Video Lightbox Plugin