Home   Blog  
Kiat

  Senin, 15 Juli 2019 08:07 WIB

Keunggulan Survei Online jika Dibandingkan dengan Survei Lapangan

Author   Admin Blog

Foto oleh: Rawpixel.com

Apa saja sih keunggulan survei online? Survei online sudah digunakan oleh banyak orang untuk menyebarkan kuesioner secara online. Hal tersebut bisa terjadi karena kemudahan yang ditawarkan oleh survei online. Survei online memiliki banyak keunggulan jika dibandingkan dengan survei yang disebarkan secara offline atau biasa disebut dengan survei lapangan.

Berikut adalah empat keunggulan survei online jika dibandingkan dengan survei lapangan

 

  1. Irit Biaya

Jika kita menyebarkan survei berbentuk kuesioner secara offline, akan banyak biaya yang harus kita korbankan. Contohnya adalah biaya fotokopi dan ongkos perjalanan. Dengan survei online, khususnya yang gratis, kita tidak perlu mengeluarkan biaya untuk fotokopi kertas-kertas kuesioner. Kita juga tidak perlu mengeluarkan biaya untuk ongkos perjalanan karena penyebaran kuesioner dilakukan secara online melalui akses internet, tidak perlu mendatangi respoonden satu persatu.

  1. Irit Waktu

Dengan survei online, kita dapat membuat pertanyaan dan menempatkannya dengan mudah sehingga kita bisa menghemat waktu. Kita juga tidak perlu menghabiskan waktu untuk fotokopi kertas-kertas kuesioner. Hal yang membuat survei online sangat mengirit waktu adalah metode penyebarannya. Penyebaran dilakukan secara online, yatu melalui media sosial, email, dan lain-lain sehingga kita tidak perlu mendatangi responden satu persatu.

  1. Irit tenaga

Mendatangi responden satu persatu perlu membutuhkan banyak tenaga. Kita harus berpindah pindah tempat untuk menyebarkan kuesioner. Jika menggunakan survei online, sudah pasti kita tidak perlu mengeluarkan banyak tenaga. Cukup berkutat di depan computer, laptop, atau smartphone, kuesioner dapat dibuat dan juga disebarkan.

  1. Pengolahan Data Otomatis

Tanpa menggunakan survei online, kita akan kerepotan dalam mengolah data. Kita harus merekap satu persatu jawaban responden pada setiap kertas kuesioner. Setelah itu, kita perlu membandingkan jawaban dengan membuat grafik. Tetapi, dengan survei online, hal-hal tersebut tidak perlu dipikirkan karena survei online sangat memudahkan kita dalam mengolah data-data hasil jawaban responden. Setiap jawaban responden akan secara otomatis direkap. Perekapan dilakukan dalam bentuk tulisan dan grafik. Dengan begitu, akan mudah bagi kita untuk membandingkan data-data tersebut.

Walaupun begitu, kita tetap harus menjaga keaslian dan kebenaran dari data yang kita terima dan dapatkan. Jangan karena kemudahan yang kita dapatkan, kita menjadi lengah terhadap kebenaran dan keaslian data tersebut.

Baca juga artikel-artikel lain dari Tempo Institute: Kiat-kiat Menulis dari Tempo Institute

Ingin belajar lebih lanjut mengenai hal-hal berbau jurnalistik? Ikuti kelas-kelas pelatihan yang diselenggarakan oleh Tempo Institute

 

(Fatimah Mardiyah)

Baca juga : Badan Siber dan Sandi Negara Akan Gandeng BIN, TNI, Polri

Bagikan
WordPress Video Lightbox Plugin