Home   Blog  
Kiat

  Senin, 01 Juli 2019 22:01 WIB

6 Jenis Lead Berita, Cara Membuka Tulisan

Author   Admin Blog

Foto oleh: Brotin Biswas

Lead memegang peranan penting dalam suatu berita. Lead adalah tulisan pembuka berita yang menentukan keputusan pembaca akan lanjut membaca atau melewatkannya. Dengan membaca lead, pembaca bisa mendapatkan gambaran umum dari berita tersebut atau jadi penasaran. Tetapi, berapa macamkah lead yang kamu ketahui? Dalam artikel ini, ada 6 jenis lead berita yang akan dibahas.

Berikut adalah enam jenis lead berita

 

  1. Lead Ringkasan

Lead ringkasan berisikan inti cerita dari suatu berita. Jadi, hanya dengan membaca lead ini, pembaca dapat mengerti isi keseluruhan dari beritanya. Tetapi, lebih baik jika jurnalis tidak menggunakan jenis lead yang ini. Kenapa? Karena dikhawatirkan pembaca sudah cukup menemukan informasi melalui lead saja, sehingga tidak lanjut membaca ke bagian isi beritanya. Hal tersebut dapat terjadi karena inti dari tulisan beritanya sudah terdapat di lead.

  1. Lead Bercerita

Lead bercerita menggunakan lead naratif. Lead jenis ini membuat cerita dari suatu berita menjadi mengalir dan memiliki alur sehingga pembaca dapat merasakan peristiwa tersebut sembari membacanya. Pembaca tertarik dengan jenis lead berita ini karena mereka dapat merasakan suasana dari peristiwa tersebut. Pembaca menyukai tipe lead ini karena dapat dengan mudah dimengerti. Tetapi, memang tidak mudah untuk membuat lead ini karena jurnalis harus berhati-hati dalam menempatkan setiap kata agar tidak berlebihan dan tidak terlalu Panjang. Karena, jika leadnya terlalu Panjang, pembaca akan merasa bosan dan menjadi tidak fokus.

  1. Lead Deskriptif

Lead deskriptif dan lead naratif memiliki kesamaan, yaitu membuat pembaca dapat merasakan peristiwa yang diceritakan melalui lead tersebut. Perbedaannya adalah lead deskriptif lebih mengungapkan citra atau kesan. Lead deskriptif menjelaskan dengan rinci suatu kejadian sehingga pembaca dapat membayangkannya secara jelas.

  1. Lead Kutipan

Sama seperti namanya, lead kutipan adalah lead yang berisi pernyataan narasumber atau referensi tertulis yang dekat dengan pembaca. Yang perlu diperhatikan dalam membuat lead kutipan ini adalah jangan mencantumkan pernyataan atau referensi yang terkesan klise. Selain itu, pernyataan atau referensi yang digunakan sebagai isi dari lead harus bisa menggambarkan kenyataan yang sebenarnya. Jangan karena pernyataan atau referensi yang digunakan hanya asal ambil, lead tidak dapat menggambarkan isi dari beritanya.

  1. Lead Bertanya

Lead bertanya berisi pertanyaan yang ditujukan kepada para pembacanya. Penulis lead tipe ini sengaja membuatnya agar penulis berpikir mengenai jawaban dari pertanyaan tersebut. Jika belum mengetahui jawabannya, pembaca akan membaca beritanya untuk mencari tahu jawabannya. Bagi pembaca yang sudah mengetahui jawabannya, ia akan membaca beritanya untuk memastikan apakah pengetahuannya benar atau tidak.

  1. Lead Menggoda

Sama seperti namanya, lead menggoda bertujuan untuk memberi gurauan kepada para pembaca. Lead tipe ini bisa berisi teka-teki, gurauan, dan bentuk-bentuk semacamnya. Jawaban dari teka-teki tersebut dapat ditemukan setelah membaca isi berita yang terdapat di bawahnya.

Tips menulis ini diadaptasi dari Buku Jurnalistik Dasar: Resep dari Dapur Tempo.

Baca juga kiat menulis lainnya dari Tempo Institute: Kiat-kiat Menulis dari Tempo Institute.

Tertarik belajar menulis lebih dalam? Anda dapat mengasah kemampuan menulis di #KelasTanpaBatas, kelas online dari Tempo Institute. Atau ikut belajar langsung di ruang redaksi Tempo. Informasi lengkapnya klik di sini: Program

 

(Fatimah Mardiyah)

Baca juga : Badan Siber dan Sandi Negara Akan Gandeng BIN, TNI, Polri

Bagikan
WordPress Video Lightbox Plugin