Tempo Institute
No Comments

Tempo Institute Gelar Klinik Menulis Bersama Redaktur Opini

TEMPO.COJakarta – Tempo Institute menyelenggarakan “Klinik Menulis Opini-Angkatan IV”, yang diasuh Redaktur Opini Tempo, antara lain Yos Rizal Suriadji, Kurniawan, Idrus Shahab, dan Philipus Parera. Pelatihan digelar setiap Selasa sore selama lima pekan, mulai 15 Maret mendatang.

“Penulis harus bisa beradu argumen dengan baik,” kata Yos Rizal, Jumat, 11 Maret 2016. Kemampuan beropini itu menjadi semakin penting di tengah revolusi digital dan teknologi saat ini. Bukan hanya di media mainstream, pertarungan opini juga terjadi di semua platform media sosial.

Dalam lima kali pertemuan, para redaktur Tempo akan intensif mendampingi peserta klinik. Menu pelatihan meliputi bagaimana menggali gagasan, menajamkan angle dan memilih fokus tulisan, mengatur alur berpikir, menguji argumentasi, serta memilih diksi yang tepat. Para pengajar juga bertindak sebagai mentor, yang membagi kiat dapat lolos dari saringan ketat meja redaksi.

Pada angkatan yang lalu, Klinik Menulis Opini diikuti aktivis LSM, periset, seniman, akademikus, kalangan profesional, dan mahasiswa. Mereka belajar dengan metode orang dewasa: interaktif, kaya praktek, dan pendampingan intensif. “Setelah mengikuti kelas ini, saya semakin percaya diri menuangkan pikiran ke dalam tulisan,” ujar Pradipa P. Rasidi, 25 tahun, yang bekerja di Transparency International Indonesia.

Sebagai seorang aktivis, Pradipa menuliskan gagasannya kepada publik. Salah satunya berjudul “After Baha’i: In Search of an Alternative Framework for Religion”, yang ditayangkanJakartaPost.com pada 31 Agustus 2014.

Dr Edi Setiawan Tehuteru, dokter spesialis kanker anak di RS Kanker Dharmais, adalah alumnus Klinik Menulis Opini-Angkatan I. Setelah mengikuti Klinik Menulis, Edi rajin menuangkan gagasannya kepada publik melalui berbagai tulisan, antara lain “Melawan Kanker Bersama ‘Si Bodoh’”, yang dimuat Koran Tempo pada 16 Februari 2016.

Tempo Institute adalah sayap Grup Tempo, di bawah naungan Yayasan Tempo 21 Juni, yang berdedikasi pada peningkatan kualitas jurnalistik dan tulis-menulis. Kelas ini dirancang hanya dengan jumlah peserta yang terbatas demi kualitas interaksi yang terjaga. Anda yang tertarik mengikuti kelas menulis ini dapat mendaftar di bit.ly/pendaftaranmenulis atau menghubungi Martin Rambe di +6281288151738 atau Twitter @TempoInstitute. MCH

Sumber : Tempo.co

LEAVE YOUR COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top