Tempo Institute
2 Comments

Berlatih Menjalin Relasi dengan Media

DSC02771a

Menjadi humas menuntut kita berpikir lebih cepat dan kreatif, terlebih dalam masa kritis. Bersama PT Pertamina EP, TEMPO Institute melakukan workshop How to Work With Media “Bertindak dan Berpikir Antisipatif Sebagai Humas”, 05 Juni 2014. Pelatihan ini diikuti oleh staf Humas PT Pertamina EP.

Mirip dengan cara kerja jurnalis, pekerjaan humas pun menuntut sesorang memetakan persoalan dengan baik. Peserta diajak berlatih memetakan masalah menggunakan metode mind mapping. Dari situ, peserta bisa bereksplorasi berbagai kemungkinan masalah yang bisa muncul. Sebagai langkah antisipasi, peserta diminta memikirkan cara menghadapinya. Sesi ini mendorong peserta berpikir bebas. Dengan berpikir bebas, peserta dapat mencetuskan ide-ide yang kreatif dan cemerlang.

Tidak hanya berandai-andai memetakan masalah yang berpotensi muncul. Pembicara, Ratna Indrayani seorang PR senior, mengajak peserta membahas kasus-kasus yang seringkali dihadapi humas. Sesi ini memberikan gambaran nyata bagaimana tentang langkah-langkah penyelesaian situasi krisis yang dilakukan oleh humas.

SONY DSC

Pada sesi terakhir, peserta diajak melakukan simulasi konferensi pers. Gaya bicara, sikap tubuh, penampilan, dan konten pesan menjadi topik utama evaluasi. Selain itu, peserta mendapat saran dari sisi jurnalis oleh Mardiyah Chamim, Direktur TEMPO Institute. Semua sesi dalam pelatihan ini melatih peserta lebih sigap sebagai humas.

Sebagai penutup, Mardiyah Chamim menekankan maksud pelatihan. Humas dan media perlu saling tahu kebutuhan masing-masing sehingga bisa bekerjasama dengan baik. “Pelatihan ini bukan untuk mengakali satu sama lain, tetapi mendorong adu profesionalitas,” ujarnya.

2 COMMENTS
  1. I. rosyadi

    info kapan jadwal dan biayanya dong… tks

  2. renny

    Hallo ..
    Nama saya renny, saya reporter dari salah satu media yang ada di Kupang _NTT, saya juga pengen sekali memperdalam ilmu jurnalistik saya, bisa kah membantu saya,. terimakasih 🙂

LEAVE YOUR COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top