TENTANG
PROGRAM

Program INVESTIGASI BERSAMA TEMPO adalah kegiatan liputan investigasi terhadap berbagai persoalan yang dilakukan sejumlah jurnalis dari berbagai media bersama Tempo. Kegiatan ini melibatkan para jurnalis, penulis blog, dan wartawan freelancer.

Program ini merupakan inisiatif TEMPO INSTITUTE bersama sejumlah lembaga seperti Free Press Unlimited (FPU) dari Belanda yang selama ini memiliki perhatian besar pada isu kebebasan pers dan profesionalisme jurnalistik dan Center for Energy Research Asia (CERA).

Investigasi Bersama Tempo ini diharapkan mampu memotivasi jurnalis untuk menghadirkan lebih banyak liputan investigatif pada sektor yang terkait kepentingan publik. Program peningkatan jurnalisme investigasi ini juga melibatkan sejumlah pemangku kepentingan dan aktivis di sejumlah sektor.

Program berlangsung selama 6 bulan dalam arahan dan mentoring jurnalis Tempo yang telah berpengalaman melakukan liputan investigasi. Para peserta akan melakukan proses magang dan terlibat dalam mekanisme kerja jurnalisme investigatif di Tempo. Selanjutnya hasil liputan investigasi para fellow akan diterbitkan di berbagai outlet Tempo, serta di media asal para jurnalis.

FITUR
PROGRAM

Program ini membidik tiga tujuan utama yaitu: meningkatkan peran media terkait kepentingan publik, mendukung kebebasan pers (press freedom) yang pada akhirnya mendorong terciptanya masyarakat yang adil, inklusif dan transparan. Untuk mewujudkannya, program ini mempersiapkan fitur yang diharapkan dapat menjadi benchmark pada program serupa lainnya.

Ada pun fitur-fitur yang dimaksud adalah :

  • Pendanaan Liputan Investigasi at all cost
  • Workshop Jurnalistik Investigasi intensif
  • Mentoring sekaligus magang bersama Desk Investigasi
  • Fasilitas teknis investigasi lapangan
  • Dukungan CSO terkait isu liputan
  • Terlibat dalam Rapat Redaksi Tempo
  • Karya fellow disertakan lomba investigasi

TAHAPAN
PROGRAM

Program Fellowship Investigasi ini disiapkan secara cermat dengan mempertimbangkan sejumlah hal. Secara umum ada tiga pilar kegiatan program yaitu; Peningkatan Kapasitas, Pelibatan Teknis Investigasi, dan Pengelolaan Dampak Liputan. Ketiganya diterjemahkan dalam lima tahapan kunci yang saling terkait.

  1. Tahapan Launching

    Launching, Direct Call, Media Invitation
    Kegiatan ini penyiapan seluruh aspek kebutuhan program, mulai dari dokumen, implementasi teknis, konsolidasi internal Tempo, koordinasi para pihak (CSO, media, lembaga terkait isu lainnya) strategi diseminasi, termasuk promosi dan penyiapan diseminasi program serta skema kerja sama dengan seluruh media.

  2. Tahapan Literasi

    Workshop, Coaching Clininc
    Kegiatan dalam bentuk diseminasi program berupa workshop , coaching clinic dan scouting isu dari para fellow.

  3. Tahapan Engagement

    Selection, Capacity Building, Contract
    Kegiatan berupa seleksi calon fellows dan workshop intensif investigasi .

  4. Tahapan Investigasi

    Mentoring, Field Report, Confirmation
    Para fellows terjun ke lapangan melakukan peliputan dan pengumpulan bahan dengan bimbingan mentor.

  5. Tahapan Penulisan dan Penerbitan

    Structuring Stories, Writing
    Penulisan laporan investigasi dengan standar penulisan Tempo. Laporan akan dibawa ke Rapat Redaksi Tempo untuk memperoleh penilaian kelayakan sesuai standar Tempo. Hasil laporan akan diterbitkan di salah satu atau seluruh platform media Tempo Grup.

  6. Tahapan Monitoring dan Evaluasi

    Monitoring, Evaluasi, dan Manajemen Impact
    Kegiatan utama tahapan ini adalah Monitoring dan Evaluasi, melalui penyusunan baseline data maupun diskusi terkait isu liputan dan dampaknya.

WordPress Video Lightbox Plugin