Tempo Institute
PELATIHAN TERFOKUS

Tak sedikit inisiatif bagus, program yang keren, yang tidak dipahami publik hanya karena tidak ditulis dengan baik. Keterampilan menulis, mengemukakan gagasan secara runtut, adalah resep penting, terutama di era sosial media ketika segalanya bisa diakses hanya dengan satu klik di layar telepon genggam.

3Di tengah pertarungan gagasan, jurnalistik adalah pedang yang ampuh bukan hanya bagi wartawan tetapi bagi semua profesi. Dalam jurnalistik, kita belajar menjadi observer yang teliti, berpikir sistematis, dan menuangkan gagasan dalam tulisan yang enak dibaca dan perlu.

TEMPO Institute memfasilitasi beragam pelatihan “tailor made” yang disesuaikan dengan kebutuhan klien, seperti :

 

Workshop Mengelola Media Internal

Pelatihan ini memberikan gambaran menyeluruh mengenai pengelolaan media internal. Dimulai dengan pemantapan bentuk media internal seperti pemetaan audiens dan fungsi, rubrikasi, lay out dan desain produk yang standar. Peserta kemudian diajak mengenal sistem kerja newsroom dan mempraktikannya dalam reportase dan menulis. Workshop ini cocok untuk lembaga ingin mengembangkan media internal secara serius.

Workshop Menulis Ilmiah Populer

Menerjemahkan hasil riset menjadi tulisan populer perlu teknik khusus. Workshop ini mengajak peserta menulis ulang hasil riset secara populer dalam bentuk opini atau kolom dan feature. Mulai dari memantapkan ide yang menarik bagi publik, teknik menulis yang jernih dan enak dibaca, hingga kiat menembus meja redaksi. Workshop ini cocok bagi lembaga riset, pusat studi, atau yang memiliki program kajian agar informasi dapat dikemas lebih menarik dan tersebar luas.

Workshop Jurnalistik & Fotografi

Pelatihan ini menyajikan materi dan praktik yang lengkap soal cara kerja wartawan. Mulai dari pemahaman jurnalistik, jenis berita dan kriteria layak berita, teknik reportase, teknik menulis, serta infografik dan fotografi yang menunjang. Workshop ini cocok bagi lembaga yang ingin mengembangkan media internal tingkat lanjut atau mengelola konten website.

How to Work with the Media

Pelatihan ini memberi gambaran bagaimana media bekerja sehingga instansi peserta dapat menjalin relasi baik dengan media. Peserta akan mendapatkan tips menulis rilis yang menarik bagi media dan simulasi konferensi pers yang berbobot berita.

Workshop ini cocok untuk praktisi humas atau public relations dan konsultan komunikasi/media dari berbagai instansi.

Workshop Menulis Laporan Efektif
Pelatihan ini mengajak peserta menulis laporan efektif, lugas, dan jernih. Laporan yang baik akan membantu manajemen mengambil kebijakan dan keputusan yang akurat. Materinya antara lain Tahap Menulis Efektif, Jenis-jenis Laporan, Elaborasi data, Praktik dan Evaluasi. Sangat berguna untuk para professional di berbagai bidang.

Berikut ini pelatihan terfokus  yang pernah kami lakukan:

  1. Workshop “Ayo Menulis, Mari Bertarung Gagasan di Ruang Publik” kerjasama dengan FriedrichEbertStiftung (FES) dan Dewan Jaminan Sosial Nasional (DJSN)
  2. Workshop Komunikasi Riset : Menulis Laporan Efektif “Kejernihan adalah Penyembuh” dengan Knowledge Sector Initiative Knowlegde Sector Initiatif – AUSAID 
  3. Workshop Komunikasi Riset : Mempromosikan Hasil Riset Melalui Penulisan Populer kerjasama dengan Knowlegde Sector Initiatif – AUSAID
  4. Workshop Komunikasi Riset : Pemetaan dan Hubungan dengan Media bekerjasama dengan Knowlegde Sector Initiatif – AUSAID.
  5. Workshop “Mengelola Media Internal” bersama PT Pertamina EP Asset 5
  6. Workshop “Mengenal Jurnalisme Investigasi dan Membangun Hubungan dengan Media” bersama PT Pertamina EP Asset 5
  7. Workshop dan Edukasi Media “Menulis Feature” bersama PT Pertamina EP Asset 5
  8. Workshop Menulis “Membangun Kesadaran Bencana” bersama AIFDR (Australia-Indonesia Facility for Disaster Reduction) dengan peserta staff BNPD dan BNPB
  9. Workshop “Jurnalisme Investigasi” dengan PT Astra Internationan Tbk
  10. Workshop “Menulis Laporan Efektif” dengan Jimly School dan DJSN
  11. Workshop “Mengelola Media Internal LPS” bersama Lembaga Penjamin Simpanan (LPS)
  12. Workshop “Menulis Ilmiah – Populer untuk Lembaga Penelitian” bersama Institute for Research and Empowerment (IRE) Yogyakarta
  13. Workshop “Mengelola Media Internal” bersama Kementerian Kesehatan RI
  14. Workshop “How to Work with the Media” bersama BP Migas
  15. Workshop “Mengelola Media Internal” bersama Kementerian Keuangan RI
  16. Workshop “How to Work with the Media” bersama PricewaterhouseCoopers Indonesia
  17. Workshop “Mengelola Media Internal” bersama PT Samudra Energy
  18. Workshop “Bekerja dengan Media” bersama Sekolah Dinas Luar Negeri  (Sesdilu) Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia. 

Back to Top