Tempo Institute
1 Comment

Pada Mulanya adalah Ide

Dalam proses menulis, pada awalnya adalah gagasan, tanpanya menulis menjadi mustahil. Ada sebuah kesepakatan bersama bahwa menulis itu merupakan proses menyampaikan ide. Namun ada juga pendapat lain yang mengatakan bahwa menulis juga merupakan sarana untuk menyampaikan informasi dan mengekspreksikan diri. Meskipun begitu, tahap pencarian ide atau gagasan tidak bisa dilewati begitu saja karena dalam menyampaikan informasi ada tahap pemilihan informasi apa yang akan disampaikan, dengan kata lain, sadar tidak sadar ada proses penjajakan ide terlebih dahulu.

Lalu bagaimana cara mencari ide sebenarnya? Ide sebenarnya ada di mana-mana dan dapat dengan mudah kita temukan. Namun dalam proses pencarian ide, paling tidak ada dua kriteria utama, yaitu ide merupakan sesuatu yang dianggap penting bagi penulis, dan/atau sesuatu yang dianggap penting untuk pembaca.

Terkadang dalam proses menulis, yang sering menjadi masalah adalah bagaimana mencurahkan gagasan tersebut. Ide yang menumpuk di kepala, tidak dengan serta-merta dapat dituliskan begitu saja. Karenanya perlu ada proses memformulasikan ide tersebut menjadi sebuah kalimat utuh. Hal ini diperlukan untuk memberikan “wadah” bagi ide tersebut sehingga tidak terlalu abstrak.

Lebih jauh lagi, ide tersebut perlu diformulasikan dalam kalimat tanya, sehingga didapatkan angle tulisan. Fungsi angle tulisan adalah untuk menjaga agar tulisan tetap fokus.

1 COMMENT
  1. laurentius soepomo

    inspiratif untuk belajar menulis jurnalistik.

LEAVE YOUR COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *

RELATED ARTICLES

Back to Top