Tempo Institute
No Comments

Menjaga Lingkungan, Menjaga Indonesia

 

Memasuki hari kedelapan, peserta Kemah Esai Mahasiswa (KEM) mulai memasuki tahap kedua. Tahap ini para peserta mengunjungi beberapa tempat. Tempat pertama adalah Villa Hutan Jati, di Parung Panjang, Bogor.

Kawasan seluas 120 hektar ini dulu gersang karena jadi tambang batu dan pasir. “Rumput saja tak tumbuh,” ujar FX Boedi Krisnawan Suhargo, pendiri Villa Hutan Jati. Boedi lalu mengolah tanahnya, sehingga bisa ditanami berbagai tanaman dan rumput tumbuh subur. Kini, kawasan ini lebat oleh pohon jati, ladang jagung, danau dan rumput. Semua itu dikelola dengan pertanian organic yang tak menggunakan pupuk kimia.

Menurut Boedi, masalah pangan adalah masalah utama Indonesia. Karena pangan adalah hajat primer orang banyak. Setiap bahan pangan tergantung kondisi alamnya.  “Dan semua yang terkait dengan hajat hidup orang banyak,harusnya dikuasai negara buat kemakmuran bersama,”kata Boedi. Menurut Boedi, memikirkan kualitas generasi masa depan dimulai dengan memikirkan kualitas pangan mereka.

Sesi malamnya, peserta mendapat paparan dari Aak Abdullah Al Kudus. Aktivis asal Lumajang, Jawa Timur ini tela menghijaukan kawasan gunung Lemongan. Gunung setinggi 1.671 mdpl itu menggundul ditebangi. Dengan warga sekitar yang peduli, Gus Aak menanam pohon. Tanpa menunggu dana dan bantuan, mereka menghijaukan gunung Lemongan. Lereng gunung ditanami dengan bambu dan buah buahan. “Bibit buahnya kami cari dari tempat sampah,” kata dia.

Walau dapat tentangan dari berbagai kelompok, pendukungnya juga menyusut dan keterbatasan dana, Gus Aak tetap melangkah. “Jika kita melakukan hal yang baik, Tuhan akan membantu kita,” kata dia. Bagi Gus Aak, setiap jengkal tanah adalah milik Tuhan, yang perlu dirawat dan dijaga kelestariannya.

Seperti juga dengan program Menjadi Indonesia, salah satu aspek yang perlu dikenali dan dijaga adalah lingkungan. Karena menjaga lingkungan, sama juga dengan menjaga Indonesia.

 

LEAVE YOUR COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top