Tempo Institute
No Comments

Memulai Jurnalisme Investigasi

 

DSC03048a

Menulis berita yang tidak berhenti di permukaan, tetapi menukik ke dalam persoalan membutuhkan energi ekstra. Berawal dari temuan fakta, tulisan mendalam menelusuri seluk-beluk fakta tersebut. Temuan-temuan kecil akan menggiring pada peta besar persoalan. Misalnya, siapa saja yang terlibat atau bagaimana modusnya. Tentu, peta besar itu harus digambar pelan-pelan sambil diuji keakuratan setiap bagiannya. Laporan investigasi dan laporan mendalam butuh  observasi, riset, dan konfirmasi yang lebih tinggi dibanding hard news.

Itulah yang bisa disimpulkan dari pelatihan kilat “Mengenal Jurnalisme Investigasi” yang diikuti oleh wartawan dari area kerja PT Pertamina EP, 05 Juni 2014. Berada di daerah, membuat wartawan lokal lebih dekat dengan persoalan yang terjadi di areanya. Dengan kemampuan menelisik fakta lebih dalam, wartawan di daerah bisa mengungkap suatu skandal secara lebih lengkap.

DSC03045a

Pelatihan ini memberi kesempatan peserta berdiskusi dengan redaktur Investigasi TEMPO. Mereka bergiliran menceritakan proyek investigasi di area masing-masing. Salah satu peserta berkonsultasi karena proyeknya terhambat kurangnya data. Mentor pun memberikan tips-tips melakukan investigasi.

 

LEAVE YOUR COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top