Tempo Institute

Klinik Menulis Fiksi

 

Leila memaparkan "Alur dan Plot" pada klinik Menulis Fiksi yang diselenggarakan oleh Tempo Institute (31/3)

Leila memaparkan “Alur dan Plot” pada klinik Menulis Fiksi yang diselenggarakan oleh Tempo Institute. Angkatan 1 tahun 2016.

Menulis cerita fiksi sangat mengasyikan. Melatih rasa, mengolah imajinasi menjadi sebuah cerita. Para pembaca bisa hanyut oleh rangakaian kata dalam fiksi.

Penulis fiksi pemula sering kali mengalami kesulitan. Pertama bingung menentukan tema atau ide cerita. Kesulitan kedua alur cerita dan meniupkan karakter pada tokohnya. Ketiga, penulis kehilangan kreatifitas dan kehabisan ide, tidak tahu harus menulis apa. Akibatnya penulis semakin bingung dan berhenti menulis.

Untuk itulah, TEMPO Institute menghadirkan Leila S. Chudori, peraih anugerah Khatulistiwa Literary Award 2013 untuk berbagi pengalaman dan tips menulis fiksi.

Selama di kelas, peserta akan belajar tentang ’Mengapa prosa, mengapa cerita pendek, seberapa panjang/pendek yang disebut Cerita Pendek, mengapa kita mulai dari Drama Tiga Babak, membahas verita pendek Umar Kayam dan JD Salinger, perkenalan pada KARAKTER, deskripsi KARAKTER, membaca cerita pendek Teh dan Kopi dan Musim Gugur, bagaimana mulai membentuk cerita pendek drama tiga babak: awal, klimaks dan akhir, memulai kalimat pertama, klimaks dan akhir.

Klinik menulis fiksi diselenggarakan sebanyak 2 angkatan di tahun 2017, yaitu:
Angkatan 1 : 2 Februari – 2 Maret
Angkatan 2 : 27 Juli – 31 Agustus

Klinik menulis diselenggarakan di Gedung Tempo, jalan Palmerah Barat No 8 Jakarta, sebanyak 5 kali pertemuan setiap hari Kamis. Dimulai pada pukul 16.00-19.00 WIB (3 jam/hari).

Untuk mengikuti kelas ini, peserta wajib membayar Rp 3.750.000,-. Peserta akan mendapatkan modul, sertifikat, tote bag, konsumsi, dan gratis epaper Koran Tempo 6 bulan dan diskon 15% jika membayar 3 minggu sebelum kelas dimulai.

Bagi yang berminat mengikuti kelas ini dapat mendaftar ke bit.ly/pendaftaranmenulis, jika ada pertanyaan silakan menghubungi Jefry di 0812-8815-1738 atau email ke adm@tempo-institute.org

8 COMMENTS
  1. Akhlis Purnomo

    Halo Tempo,

    Saya berminat untuk mengikuti ini kelas menulis ini di angkatan pertama.

    Apakah masih ada seat?

    Terima kasih.

    1. Tempo Institute

      Halo Purnomo,

      segera mendaftar pak melalui bit.ly/pendaftaranmenulis mumpung masih ada seat.

      Silahkan cek email Bapak juga.

      Salam

  2. sisca ariani

    Saya berminat untuk ikut kelas ini. Angkatan 2. Mohon dimasukkan list peserta.terima kasih

    1. Tempo Institute

      Salam,

      Untuk mengikuti klinik menulis fiksi, silahkan mendaftar melalui link ini bit.ly/pendaftaranmenulis

      Terimakasih

  3. deni

    Halo Tempo, saran dong. untuk ke depannya dibuat setiap hari Sabtu atau minggu.

    Karena saya yakin peserta kursus yang berprofesi sebagai pekerja kantoran seperti saya akan tertolong untuk mengikutinya.

    Bila mau week days mungkin jamnya bisa di setting pada pukul 18:00 atau 19:00 jam pulang kantor 🙂

    1. Tempo Institute

      Salam Deni,

      Terima kasih masukannya, kami akan pertimbangkan saat menyiapkan di pelatihan Klinik Fiksi selanjutnya 🙂

  4. Natya

    Hai, saya sangat setuju dengan saran Deni. Saya berniat untuk mengikuti Klinik Menulis Fiksi, tapi jam dan harinya jujur membuat saya yang bekerja kantoran jadi khawatir apakah bisa datang tepat waktu atau tidak.

    1. Tempo Institute

      Hai Deni dan Natya,
      Kami mengharapkan semua peserta untuk hadir tepat waktu. Namun metode kelas kami pun dengan metode pembelajaran orang dewasa, jadi peserta sendiri yang menhgatur waktu dan ilmunya 🙂

LEAVE YOUR COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top