Tempo Institute

Klinik Menulis Feature 

Feature

Peserta Klinik Menulis Feature sedang praktik reportase pada pertemuan kedua di sekitar pasar Palmerah, 3 April 2016

Menurut data Bank Dunia tahun 2010 kelas menengah penduduk Indonesia mencapai 134 juta jiwa setara 56,5%. Sebagian mereka tinggal di kota-kota besar dengan masalah kompleksitas urban yang menyebabkan tingginya tingkat stress mereka.  Situasi ini mendorong mereka untuk menyempatkan diri berwisata, pergi ke taman kota, wisata kuliner, menjelajah nusantara, bahkan berbelanja di negeri tetangga.

Di sisi lain perkembangan teknologi komunikasi yang serba cepat, turut mengubah gaya kaum perkotaan dalam mengekspresikan diri. Mereka dengan mudah dapat mengunggah pengalaman berlibur pada akun media sosial seperti facebook, instagram atau blog. Sayangnya kebanyakan pengalaman berwisata dan kuliner tidak dituliskan dengan menarik. Padahal kisah perjalanan dan kuliner yang tersebar di dunia maya dapat dijadikan referensi para penikmat perjalanan dan kuliner lain.

Selain kisah perjalanan, kisah tokoh menjadi menarik jika dituliskan dalam gaya feature. Penulis dapat leluasa berkisah dan mengeksplor cerita dibalik cerita dengan bahasa yang menghibur. Tidak cukup dengan modal 5W+1H saja. Kisah perjalanan atau tokoh inspiratif ini akan menarik pembaca jika disertai dengan foto-foto yang memikat.

Selain itu, dalam feature harus ada yang disebut dengan story behind the news dan atau background story. Kisah-kisah latar belakang, cerita-cerita tentang pertemuan-pertemuan di balik sebuah berita, misalnya, sangat penting untuk digali.

TEMPO Institute kembali menyelenggarakan pelatihan Klinik Menulis Feature. Dengan menghadirkan Redaktur dan Wartawan Senior TEMPO, para peserta akan dibimbing menciptkan tulisan Feature yang enak dibaca.

Selama di kelas peserta akan belajar ‘Ide, angle, outline, kalimat & paragraf, lead & judul, Menggali bahan: Observasi & Reportase, Fotografi Dasar & Membuat Caption, Hunting Foto & Membuat Caption, Outing dan evaluasi’

Tahun ini, klinik menulis feature diadakan sebanyak 3 angkatan, yakni:

Angkatan 1 : Kamis-Minggu, 23-26 Februari

Angkatan 2 : Kamis-Minggu, 26-29 Oktober

Klinik menulis diselenggarakan di Gedung Tempo, jalan Palmerah Barat No 8 Jakarta. Dimulai pada pukul 09.00-16.00 WIB (7 jam/hari).

Untuk mengikuti klinik menulis ini, peserta wajib membayar kontribusi Rp 3.750.000,-. Peserta mendapatkan fasilitas berupa modul, sertifikat, tote bag, konsumsi, dan gratis epaper Koran Tempo 6 bulan. Peserta yang membayar kontribusi 3 minggu sebelum kelas dimulai diskon 15%.

Yang ingin mengikuti kelas ini dapat menghubungi Jefry (0812 8815 1738) atau email ke adm@tempo-institute.org. Pendaftaran melalui link ini.

1 COMMENT
  1. Andre Pratama

    Saya ingin lebih memahami cara dan tahapan dalam menulis sebuah berita atau laporan utama dalam sebuah majalah yang benar..apakah dalam waktu dekat ada jadwal workshop untuk pelatihan jurnalistik dan menulis feature majalah di Tempo Institute?

LEAVE YOUR COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top