Tempo Institute
7 Comments

DIBUKA: Beasiswa Menulis Untuk Lima Peneliti di Indonesia

Anda seorang peneliti? Anda ingin membagikan hasil riset pada publik secara luas? Jika ya, Tempo Institute bersama Knowledge Sector Initiative (KSI) memberi beasiswa belajar menulis ilmiah populer bagi lima orang peneliti yang berbasis di universitas di kawasan Jakarta-Bogor-Depok-Tangerang-Bekasi. Peneliti yang terpilih berhak mengikuti lokakarya pada 12-14 Mei dan 6 Juni mendatang.

Lokakarya ini digagas agar hasil penelitian di kalangan kampus dapat menjangkau masyarakat luas. Program Officer KSI Siti Ruhanawati mengatakan hasil penelitian sering kali ditulis hingga ratusan halaman. “Ironisnya, hasi riset yang ditulis dengan susah-payah itu kerap hanya berakhir di rak buku perpustakaan” kata Ana, panggilan akrabnya. Publikasi penelitian  idealnya tidak terbatas pada jurnal ilmiah yang hanya diakses sesama peneliti. Masyarakat luas juga perlu diajak tertarik membaca dan menelaah hasil penelitian, dengan format yang lebih populer. Ketika masyarakat luas memperbincangkan hasil penelitian, diharapkan hasil riset tersebut bisa mempengaruhi proses pengambilan kebijakan publik.

Sebagai catatan, sepanjang tahun lalu, jumlah penelitian yang dipublikasikan oleh dosen berkisar 4.500-5.500 penelitian. Data ini diungkap Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir saat menghadiri Rapat Kerja Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Maret lalu.

Agar menjangkau masyarakat luas, penulisan ilmiah populer adalah pilihan yang tepat.  Tulisan ilmiah populer mementingkan alur yang runut, menjembatani istilah teknis dengan bahasa yang sederhana, dan menyajikan data angka dalam infografik yang menarik.  Tujuannya, “Agar orang awam dapat dengan mudah memahami penelitian yang rumit,” ujar Mardiyah Chamim, Direktur Tempo Institute.

Mardiyah menambahkan, di Amerika genre penulisan populer ilmiah berkembang pesat sejak tahun 1960-an. Sebut saja buku sains populer berjudul Silent Spring karya Rachel Carson (1962). Buku ini menulis tentang bahayanya dampak penggunaan pestisida DDT yang merusak kehidupan liar. Karya Rachel enak dibaca seperti novel.  Buku ini pula yang membuat perubahan kebijakan penggunaan pestisida kala itu. Ada juga The Double Helix karya James Watson (1968), yang  menyajikan kisah penemuan DNA dengan asyik.

Dalam lokakarya ini, para jurnalis senior Tempo memfasilitasi dan mendampingi peserta belajar secara intensif. Tempo Institute menerapkan motode belajar orang dewasa. Metode ini menekankan pada partisipasi aktif peserta melalui diskusi, kerja kelompok, tugas individu, presentasi dan pendampingan. Peserta akan belajar memilih angle dan menyusun outline agar tulisan tetap fokus, bagaimana menyusun argumen, serta memilih gaya bahasa yang pas.

Jika Anda tertarik mengikuti program beasiswa ini silakan mengirimkan surat ketertarikan, melampirkan CV, bersedia memberikan surat tugas jika terpilih, dan contoh penelitian ke adm@tempo-institute.org sebelum 5 Mei 2016. Pelamar yang berkomitmen menerapkan hasil lokakarya dan menulis di media atau pun media sosial mendapat prioritas. Keputusan juri bersifat mutlak. Tim Tempo Institute dan KSI menentukan peraih beasiswa berdasarkan motivasi, komitmen, rekam jejak dan seberapa penting pelatihan ini bagi institusi. Tunggu apa lagi? Saatnya hasil tulisan peneitian Anda dapat dinikmati publik.

7 COMMENTS
  1. eli rustinar

    Tdk ada jatah wilayah sumatera yah? Tertarik saya

    1. Tempo Institute

      Salam,

      Untuk saat ini belum ada mbak 🙂

      Terimakasih

  2. zaura

    saya sudah kirim via email semoga saya dapat terpilih sebagai peserta amiiin..

    1. Tempo Institute

      Salam,

      tunggu pengumuman dari kami yah. Kami juga akan email para pemenang beasiswa 🙂

  3. weli m.

    Agak telat tahu info ini. Apa masih ada kesempatan? Akan tetapi sy dr cirebon.

    1. Tempo Institute

      Salam,

      maaf, pendaftaran sudah ditutup 🙂 Semoga ada kesempatan di lain waktu.

      Terimakasih

LEAVE YOUR COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top