Home   Blog    Pelatihan
Griyaan

  Kamis, 12 Juli 2018 18:15 WIB

Tiga Kementerian Ikut Pelatihan Menulis bersama Tempo

Author   admin

Mentor Tempo Institute sedang memberikan pelatihan menulis ide dan angle.

Tiga pekan lalu, TEMPO Institute (TI) memfasilitasi pelatihan menulis di tiga kementerian “Kabinet Kerja”. Pertama, Pelatihan Infografis untuk 20 orang staf Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendesa) pada 5-7 Juli di Bogor, Jawa Barat. Para mentor TI membimbing peserta membuat laporan dalam infografis dengan aplikasi desain online Piktochart.

Kedua, Pelatihan Bekerja dengan Media untuk 16 pejabat eselon dua di Biro Penyelenggara Haji dan Umroh Kementerian Agama (Kemenag) pada 9 Juli di Gedung Utama kantornya. Pengajarnya wartawan senior Tempo, Hermien Y. Kleden. Hermien berbagi tips bekerja dengan media, dan trik melayani wawancara wartawan.

Ketiga, Pelatihan Menulis Policy Brief untuk 15 peneliti Kementerian Sosial pada 9-11 Juli di Puslitbang Kementerian Sosial, Jakarta Timur. Para mentor mendampingi mereka memasarkan hasil penelitian melalui policy brief yang menarik dan mudah dipahami. Togiaratua Nainggolan, salah satu peserta, mengaku senang. Kini ia bisa menulis policy brief sesuai dengan stakeholders yang ingin dituju.

Selain itu, yang tak kalah seru adalah pelatihan reguler Pelatihan Menulis Laporan Efektif pada 10-12 Juli di Gedung Tempo. Sebanyak 20 peserta dari berbagai instansi mengikuti pelatihan ini. Didi dari BRI mengaku jadi tahu trik menulis agar enak dibaca. “Mentornya terbuka untuk sharing, banyak kasih masukan untuk menulis yang baik,” ujarnya.

Baca juga : Badan Siber dan Sandi Negara Akan Gandeng BIN, TNI, Polri

Bagikan
WordPress Video Lightbox Plugin