Home   Blog  
Griyaan
  16 April 2018 12:47:49 WIB

Pelatihan Jurnalistik Seru bersama Staf Ditjen Ketenagalistrikan ESDM


Fasilitasi Seru ala TEMPO Institute

TEMPO Institute memfasilitasi pelatihan staf Humas Ditjen Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) belajar tentang ilmu jurnalistik. Lokakarya yang diselenggarakan di Hotel Oria, Jakarta pada 9-11 April itu menghasilkan tiga tulisan untuk keperluan kehumasan.

Anggita Miftah Hairani, salah satu peserta, mengaku senang dengan metode belajar kali ini. Pengajar dan mentor mengajak peserta berpraktik dan mengevaluasi setiap tulisan. Tidak heran pada akhir lokakarya para peserta menghasilkan tiga buah tulisan –stright news, advertorial, siaran pe

Pengajar Tempo Institute sedang membagikan ilmu-ilmu jurnalistik pada peserta.

TEMPO Institute menghadirkan sejumlah wartawan senior TEMPO, seperti M Taufiqurohman (MTQ), Hermien Y Kleden, Susandijani, Sadika Hamid, ahli bahasa TEMPO Uksu Suhardi, dan pewarta foto TEMPO Gunawan Wicaksono. Mereka mengajak peserta berlatih jeli memilih sudut pandang (angle) tulisan, menyusun outline tulisan, menulis judul yang memikat, hingga menulis caption foto lengkap dengan 5W+1H.

Bintar Abdillah, salah satu peserta, mengaku baru menyadari, ternyata tidak semua peristiwa mempunyai nilai berita. Selama ini ia menuliskan apa pun yang dikatakan Pak Menteri pada acara coffee morning. “Pada akhirnya beritanya menjadi tidak jelas,” ungkapnya saat sesi evaluasi tulisan bersama MTQ.

Staf Divisi Pelatihan TEMPO Institute Martin Rambe mengaku senang dengan lokakarya ini. Menurutnya peserta antusias. Mereka aktif bertanya, rajin mengerjakan tugas, dan hadir tepat waktu. “Tak ada yang absen selama tiga hari ini. Peserta gembira,” kata Martin.

Martin bersama dengan fasilitator utama Moses Runtuwene memadukan sesi jurnalistik dengan sejumlah permainan untuk mencairkan suasana. Kadang kala Moses menyelipkan insight ilmu jurnalistik dalam permainannya. Misalnya saat Moses mengajak peserta berandai-andai menggunakan sebuah stepless. Jawaban peserta yang beragam, menunjukkan banyaknya sudut pandang (angle).

Fasilitasinya seru, menarik, dan menyenangkan,” ujar Kepala Seksi Tarif Tenaga Listrik dan Subsidi Khairiah Dewi mengomentari metode fasilitasi pelatihan TEMPO Institute.

Ayo! Buat program pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda.

Hubungi Kami

Baca juga : Badan Siber dan Sandi Negara Akan Gandeng BIN, TNI, Polri

Bagikan
WordPress Video Lightbox Plugin