Home   Blog  
Update
  22 January 2018 23:34:31 WIB

Kelas Menulis Tempo Institute, Menjawab Tantangan Zaman Digital


674335_720

TEMPO.CO, Jakarta – Penulis yang baik biasanya punya kemampuan komunikasi, piawai dalam melontarkan gagasan, dan cermat dalam berlogika. Penulis pada umumnya juga pandai bertutur atau storytelling. Keterampilan menulis ini bisa dipelajari dan diasah bersama Tempo Institute.

Menjadi penulis yang baik, kini benar-benar sebuah tuntutan. “Jurus storytelling semakin dibutuhkan di zaman digital yang serba bergegas,” kata Direktur Tempo Institute Mardiyah Chamim, Jumat, 5 Januari 2018. Berbagai produk dan kampanye perubahan sosial, kata Mardiyah, menggunakan jurus storytelling, yang dasarnya adalah menulis.

Mardiyah menjelaskan, kemampuan menulis kian penting perannya seperti disebutkan Tony Wagner dari Harvard’s Change Leadership Group. Dalam bukunya The Global Achievement Gap, disebutkan dunia saat ini bergerak dari ekonomi industri menuju ekonomi berbasis pengetahuan.

Wagner mengidentifikasi skill yang dibutuhkan untuk beradaptasi di zaman kini dan masa datang, antara lain adalah kemampuan berpikir kritis, pemecahan masalah, kolaborasi, serta kemampuan komunikasi lisan dan tulisan.

Menjawab kebutuhan tersebut, Tempo Institute, bagian dari Tempo Media, kembali menghadirkan berbagai kelas pelatihan. Bagi Anda yang ingin mendalami pengetahuan dan pengalaman jurnalistik, ada Kelas Jurnalistik Intensif, yang dilengkapi dengan magang di Newsroom Tempo.

Untuk Anda penikmat perjalanan dan penggemar kuliner, bisa mengambil kursus intensif Kelas Menulis Feature. Buat Anda yang bercita-cita menjadi novelis bisa mengikuti kelas fiksi Leila S Chudori, wartawan Tempo yang telah menulis banyak novel.

Begitu pula bagi Anda yang ingin sukses mewawancarai narasumber bisa mengikuti kelas Hermien Y. Kleden, yang juga wartawan senior Tempo. Ada juga kelas infografis, kelas fotografi, dan masih banyak pilihan kelas lain yang sesuai kebutuhan Anda.

Para pengajar akan menemani Anda menggali dan menajamkan ide-ide tulisan. Mentor-mentor ini dengan asyik dan gembira menemani Anda mengemas gagasan menjadi tulisan yang menarik dan runut. Untuk menjaga kualitas, peserta kelas dibatasi untuk 20 orang. “Agar proses belajar dan mentoring berjalan nyaman dan intensif,” kata Kepala Divisi Pelatihan Tempo Institute, Yus Ardhiansyah.

Riza Almanfaluthi, salah satu peserta Klinik Menulis Feature 2017 mengatakan senang mengikuti kelas di Tempo Institute. Menurutnya, metode mentoring sangat tepat. Manfaat yang dia peroleh, tulisannya menjadi lebih hidup.

Hal senada disampakan Sinta Monika, alumnnus Klinik Menulis Fiksi bersama Leila S Chudor. “Mbak Leila sabar membimbing setiap peserta. Saya menjadi makin mudah menulis dengan pilihan kata yang tepat dan menciptakan twist untuk membangun cerita yang kuat,” ujar ibu rumah tangga itu.

Informasi selengkapnya dapat menghubungi Jefry Adhipradana di nomor 021-5482132 ext 459 atau WA 081288151738, mengunjungi Twitter @tempoinstitute, Instagram @tempo.institute, dan Facebook page Tempo Institute.

Anda juga bisa email ke [email protected]. Peserta dapat mengisi formulir pendaftaran melalui tautan bit.ly/pelatihanTI, dengan menyertakan foto identitas yang masih berlaku. Anda berhak mendapat diskon 15 persen jika membayar 2 minggu sebelum kelas dimulai.

Peserta pelatihan Tempo Institute mendapat fasilitas t-shirt, buku Jurnalistik Dasar: Resep dari Dapur Tempo, sertifikat, konsumsi selama pelatihan, dan langganan Tempo Digital selama 1 tahun. Kelas akan terselenggara jika peserta berjumlah minimal delapan orang.

Sumber

Baca juga : Badan Siber dan Sandi Negara Akan Gandeng BIN, TNI, Polri

Bagikan
WordPress Video Lightbox Plugin