Home   Blog  
Griyaan
  22 February 2018 20:52:41 WIB

Evaluasi Laporan Audit di Bank BCA


Suasana Mentoring Evaluasi Penulisan Laporan Audit BCA

Habis pelatihan, terbitlah kewajiban penilaian. Untuk memenuhi tanggung jawab yang belakangan inilah Tempo Institute menyambangi kantor auditor Bank BCA di Menara BCA, Grand Indonesia, Jakarta Pusat, pada 22 Februari 2018. Penilaian dilakukan terhadap penerapan materi Pelatihan Menulis Laporan Audit pada November 2017 di BCA Training Center, Sentul, Bogor.

Menurut Yus Ardhiansyah, Kepala Divisi Pelatihan Tempo Institute, evaluasi seperti itu biasa diberikan kepada klien. “Kami menyebutnya servis H+1, yang artinya evaluasi seharian pasca-pelatihan,” katanya.

Ia menjelaskan praktek saat pelatihan pada kenyataan tidaklah cukup. Yang penting adalah penerapan dalam pekerjaan sehari-hari. “Nah, kedatangan kami bersama pengajar Tempo untuk melihat perkembangannya,” katanya.

Yusuf Kristianto, seorang peserta pelatihan, mengakui laporannya menjadi lebih segar dengan infografis–yang merupakan bagian dari materi yang diajarkan dalam pelatihan. “Sebelumnya ‘kan banyak tabel aja,” katanya, sambil terkekeh.

Pengajar pelatihan yang datang untuk memberikan evaluasi, M. Taufiqurohman, mengaku terkejut melihat perkembangan hasil pelatihan. Ia mengatakan laporan audit 28 peserta yang terbagi dalam 13 tim sudah jauh lebih baik dan diperkaya dengan infografis. Redaktur Senior Tempo sekaligus Direktur Pusat Data Analisa Tempo ini membedah setiap laporan secara detail. Secara khusus ia memberi perhatian pada selera bahasa, juga penerapan kalimat efektif. Baginya, inilah kunci agar laporan mudah dipahami.

Sesi evaluasi, yang berlangsung dari pukul 09.15 hingga pukul 17.00 dinilai memuaskan. Pembahasannya yang mendetail, “Sesuai harapan,” kata Patricia, seorang peserta.

Baca juga : Badan Siber dan Sandi Negara Akan Gandeng BIN, TNI, Polri

Bagikan
WordPress Video Lightbox Plugin