Home   Blog  
Kiat

  Sabtu, 09 Juni 2018 07:56 WIB

5 Trik Rahasia Food Photography

Author   admin

Foto: Herry Tjiang

Memotret makanan, sebelum menyantapnya, memang mudah dilakukan siapa saja. Tapi bagaimana membuat foto makanan yang “porno”, yang tampak menggairahkan? Pelajari 5 trik yang digunakan food photographer agar foto kulinermu jadi lebih menggoda.

  1. Makanan yang mudah patah sulit untuk ditata. Padahal kita ingin membuat cantik tampilannya. Rahasia para food stlyist adalah menggunakan bantuan tusuk gigi untuk memperkuat bagian makanan yang mudah patah, seperti memotret sayap ikan terbang goreng. Atau bisa juga dengan bantuan lem untuk mengeraskan bagian yang mudah patah.
  2. Ingin membuat makanan berdiri gagah? Gunakan bantuan tisu atau plastisin untuk menyangga postur makanan sehingga lebih menggugah.
  3. Sayuran dengan titik-titik air terkesan lebih segar dibandingkan sayuran yang kering permukaannya. Nah, coba semprotkan air pada sayuran atau oleskan minyak goreng pada permukaan daun pada menu salad untuk menampilkan kesegaran sayuran.
  4. Cahaya adalah kunci dari ilmu fotografi, termasuk food photography. Gunakanlah cahaya matahari (alami) untuk membuat foto makanan terlihat lebih hangat. Karena cahaya matahari memiliki unsur warna kemerahan.
  5. Bayangan atau cahaya yang berlebihan juga dapat menjadi masalah. Gunakanlah kain atau kertas untuk mengatur pencahayaan alami. Kamu juga dapat menggunakan pencahayaan buatan agar lebih mudah. Ingat kue yang difoto terlalu terang akan kehilangan detail rongga atau guratnya, jika terlalu gelap ia akan terlihat hangus.

Tertarik mempelajari trik fotografi kuliner lainnya? Yuk! Ikut #KelasFotoKuliner bersama Tempo Institute.
Klik di sini

Baca juga : Badan Siber dan Sandi Negara Akan Gandeng BIN, TNI, Polri

Bagikan
WordPress Video Lightbox Plugin