Tempo Institute
No Comments

Bagaimana Peran Anak Muda dalam isu HAM ?

Isu hak hak asasi manusia (HAM) tak hanya makanan orang dewasa. Isu HAM bukan hanya isu yang berat. Ada juga isu HAM yang renyah dan ringan.  Menjadi aktifis HAM tak harus bergabung dengan LSM, pengacara atau jadi pegawai Kementerian Hukum dan HAM. Anak muda juga kudu melek soal HAM dan berperan.

 

Oke, caranya gimana?

 

Papang Hidayat, dari KONTRAS, punya tips biar anak muda bisa berperan dalam isu isu HAM. “Menjadi aktifias HAM tak harus selalu menjadi aktifis LSM. Bisa juga dengan tetap menekuni hobi dan profesi yang ada,” ujarnya, dalam Kemah Menjadi Indonesia di Megamendung, Bogor, Jumat (22/11).

 

Pertama, mulai mengembangkan kepekaan, khususnya atas isu-isu HAM. Kita bisa melek soal isu isu HAM lewat baca koran, browsing internet, nonton tivi. Banyak kabar soal HAM yang bersliweran tiap hari. Anak muda kudu paham soal ini, karena anak anak muda juga manusia, punya hak asasi.

 

Cara kedua, lewat aktif dalam kelompok kelompok yang positif. Lewat hobi atau hal hal yang kita sukai. Misal, lewat hobi bersepeda. Kumpul-kumpul, gowes, modifikasi sepeda atau berbagi soal sepeda.

Jika kelompok ini berkembang, maka akan berhadapan dengan kebijakan yang menyangkut hak asasi manusia. Kelompok penyuka sepeda akan ngomong soal tata kota dan jalur sepeda di jalan raya. Kelompok pecita alama tentu akan ngomong soal hak lingkungan bersih dan sehat.

Cara terakhir adalah strategi penyebaran isu isu HAM. Tak harus melalui seminar atau ke pengadilan. Penyebaran isu bisa dilakukan melalui jalur hobi musik, desain visual, video, petisi maya dan lain lain.

Jalur media sosial macam facebook, twitter atau instagram adalah salah satu cara yang strategis untuk menyebarkan isu isu HAM.

Bagi mereka yang hobi desain visual, bisa menyebarkan isu isu HAM melalui karya visualnya. Gambar profil  almarhum Munir yang banyak dipakai di twitter adalah salah satu karya desain visual yang ikut menyebarkan isu isu HAM.

Bagi penyuka musik atau fans artis, bisa menggunakan artis pujaannya, macam Slank atau Efek Rumah Kaca, buat ikut menyebarkan isu isu HAM.

 

 

LEAVE YOUR COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top