Tempo Institute
No Comments

Workshop Bekerja dengan Media

 

Latar belakang

Menjalin hubungan dengan wartawan/media mirip orang pacaran. Akan mudah jika kita tahu apa yang dibutuhkannya. Wartawan membutuhkan informasi yang menarik dan penting untuk publik. Sedangkan lembaga Anda telah susah payah melakukan penelitian untuk publik. Tantangannya adalah bagaimana mengemasnya menjadi menarik?

Media massa merupakan saluran penting untuk mempromosikan hasil penelitian. Sayangnya, saluran ini kurang dimanfaatkan peneliti untuk memperkenalkan temuan dan gagasan baru yang penting diketahui publik. Media massa seperti amplifier yang menyebarkan suara dan menjangkau pembaca dari berbagai kalangan hingga pelosok..

Seperti halnya media massa yang memiliki audiens, lembaga Anda pun demikian. Twitter, Facebook, Instagram dan Youtube adalah ragam media sosial yang kini menjadi senjata ampuh. Keberadaannya di tengah arus informasi yang sangat cepat seperti sekarang, dapat pula digunakan untuk memacing wartawan maupun masyarakat mencari tahu informasi lengkap penelitian.

Namun memanfaatkan berbagai media belumlah cukup, peneliti juga perlu awas terhadap situasi media massa yang sangat plural pasca reformasi. Memilih media yang kredibel dan setia pada kepentingan publik mutlak dilakukan. Karena itu, peneliti perlu memahami cara kerja media, menjalin hubungan baik dengan jurnalis dan memahami peta media yang berkembang.

Lembaga riset, baik yang bersifat independen maupun yang berada di bawah lembaga pemerintahan, membutuhkan peran media untuk menyuarakan hasil riset. Media, di lain pihak, juga membutuhkan lembaga riset untuk membuat liputan berbasis riset –yang pada gilirannya digunakan sebagai dasar pengambilan kebijakan.

Hubungan yang bersifat simbiosis mutualistik ini perlu dipupuk bersama, demi mewujudkan kebijakan berbasis bukti. Workshop Bekerja dengan Media ini adalah salah satu upaya memupuk hubungan simbiosis mutualistik lembaga riset dan media.

Untuk itu Tempo Institute memfasilitasi satu kali workshop untuk meningkatkan kompetensi 32 orang staf Mitra KSI dalam bekerja dengan media.

Kompetensi dasar

Menunjukkan kemampuan bekerja dengan media massa dalam memasarkan hasil penelitian.

Standar kompetensi

  1. Menunjukkan pemahaman peta media terkini.
  2. Menunjukkan pemahaman dan kemampuan menjalin kerjasama dengan media cetak, media online dan media elektronik (TV dan radio).
  3. Menunjukkan kemampuan membuat siaran pers yang mempunyai nilai berita.
  4. Menunjukkan kemampuan berkomunikasi melalui media sosial.
  5. Menunjukkan kemampuan menyelenggarakan konferensi pers.

Metodologi

Workshop strategi komunikasi dijalankan dengan pendekatan partisipatoris dengan metode experiential learning. Pengalaman mitra KSI ditempatkan sebagai modal utama dalam proses pembelajaran. Peserta akan menimba dan saling berbagi pengetahuan dari pengalaman pergulatannya di lapangan. Workshop ini juga menggunakan hadap masalah sebagai pendekatan yang memungkinkan peserta menganalisis, menstrukturkan, menarik pelajaran-pelajaran penting atas berbagai situasi yang dihadapi di lapangan, dan menyusun agenda kerja guna mendorong penggunaan pengetahuan, bukti dan riset untuk kebijakan publik yang inklusif, melalui berbagai saluran, media (konvensional dan media sosial), serta berbagai format komunikasi lain.

Sejumlah pembelajaran, baik dari pengalaman lapangan mitra maupun pihak luar menjadi bagian penting dalam workshop ini guna memperluas cakrawala pengetahuan para peserta workshop tentang keluasan dan dan kedalaman aspek komunikasi, serta strategi dan implementasinya dalam mendukung kerja-kerja penggunaan riset untuk kebijakan publik yang inklusif.

Praktik lapangan tersebut diharapkan dapat menjadi bahan diskusi dalam merumuskan pengembangan strategi komunikasi  bagi mitra KSI.

Peserta

Setiap mitra mengirimkan dua orang peserta yang terdiri dari program manager/senior researcher dan staf komunikasi.

Berikut adalah mitra KSI yang akan mengikuti acara ini; Article33, CSIS , ELSAM, KPPOD, FITRA, PPH Atmajaya, Puskapol UI, PPIH UIN, PUSAD Paramadina, PSHK , SMERU, IRE, PKMK UGM, Survey Meter, Akatiga, dan Sajogjo Institute.

 

Details

Starts On

8 Mei 2017 - 8:00 AM

Ends On

10 Mei 2017 - 5:00 PM

Powered by Another Events Calendar

LEAVE YOUR COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top